logo


Kerusakan Lebih Parah dari Gempa Lombok, Kondisi Kelistrikan di Palu Baru Pulih 20%

Pemulihan yang baru 20% tersebut dikarenakan adanya masalah kerusakan pada sejumlah Interbus Transformer (IBT).

3 Oktober 2018 08:59 WIB

Ilustrasi jaringan listrik.
Ilustrasi jaringan listrik. dok. JITUNEWS.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PT PLN (persero) mengungkapkan bahwa kondisi kelistrikan di kota Palu, Sulawesi Tengah masih dalam tahap pemulihan. Direktur Perencanaan Korporat PLN, Syofvi Felienty Roekman, mengatakan, pemulihan di lokasi terdampak gempa dan tsunami itu baru sekitar 20%.

Diklaim Syofvi, pemulihan yang baru 20% tersebut dikarenakan adanya masalah kerusakan pada sejumlah Interbus Transformer (IBT).

Syofvi lantas mengatakan kerusakan instalasi jaringan listrik di Palu-Donggala lebih parah dari kerusakan yang diakibatkan bencana di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) beberapa waktu lalu.


Kunjungan Jokowi ke Palu Hari ini Beda Karena...

“Ini yang paling fatal buat kami karena gardu induk kena lima dari tujuh. Waktu di Lombok tidak separah itu. Di Lombok aman, jadi recovery aman. Namun ini gardu induk yang kena, butuh waktu lama,” tutur Syofvi di Jakarta, Selasa (2/10).

“Kendalanya sekarang IBT kami di sana dari 150 (kilo volt) ke 70 (kilo volt) itu bermasalah, lagi dicek. Nah itu kendala terbesarnya. Jadi di 150 sih aman yang enggak aman ini tuh di gardu-gardu 70,” sambung Syofvi.

Pascagempa dan Tsunami Sulteng, 10 SPBU Pertamina Kembali Beroperasi

Halaman: 
Penulis : Riana