logo


Waspada! Inilah 7 Risiko Serius Jika Kamu Sering Mager (Males Gerak)

Untuk menjaga kesehatan tubuh tak hanya ditentukan oleh apa yang dimakan, tetapi juga seberapa sering tubuh aktif bergerak.

1 Oktober 2018 14:58 WIB

Males Gerak
Males Gerak
dibaca 755 x

Gaya hidup zaman sekarang memang sangat modern. Kemudahan aktivitas yang didukung teknologi informasi, membuat  banyak orang menjalani kehidupan serba praktis alias tidak aktif secara fisik.

Tak heran jika olahraga mulai ditinggalkan sebagian orang yang ingin hidup serba praktis.

Padahal, untuk menjaga kesehatan tubuh tak hanya ditentukan oleh apa yang dimakan, tetapi juga seberapa sering tubuh aktif bergerak.


Sering Gatal di Bokong? Inilah 6 Pemicunya

Sejumlah penelitian mengungkapkan, malas bergerak bisa menimbulkan berbagai risiko penyakit, mulai dari jantung hingga otak.

--break

Baca juga : Rajin Sikat Gigi Tapi Tetap Kuning? Mungkin Kamu Masih Melakukan Hal Ini

Berikut 7 hal yang terjadi pada tubuh, jika kamu malas bergerak seperti dikutip kompas.com (12/06/2016).

Stres

Ketika tidak bergerak aktif, seseorang ternyata lebih mudah stres. Stres bisa menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit. Para ahli mengatakan, tingkat stres akan lebih rendah ketika tubuh bergerak aktif, seperti berolahraga. Sebab, olahraga akan melepaskan endorfin, yang membuat suasana hati lebih baik atau bahagia.

Gangguan tidur

Bergerak aktif dapat melepaskan hormon yang membuat kamu tidur nyenyak di malam hari. Sebaliknya, jika tubuh tidak aktif, maka tidak ada energi yang digunakan tubuh. Akibatnya, kamu bisa terjaga sepanjang malam saat waktunya tidur.

Metabolisme melambat

Kecepatan metabolisme tubuh akan lambat jika kamu tidak bergerak aktif. Melambatnya metabolisme merupakan salah satu dampak paling buruk jika kamu malas bergerak. Salah satu akibat lambatnya metabolisme yaitu kegemukan atau obesitas yang bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit.

Baca juga : Cek! Ini Kesalahan Sepele Tapi Kerap Dilakukan Pria Saat Gunakan Kondom

Tekanan darah tinggi

Seseorang yang malas bergerak akan lebih berisiko mengalami tekanan darah tinggi. Sirkulasi darah menjadi tidak lancar. Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung, stroke, hingga kerusakan pada ginjal.

Meningkatkan berat badan

Masalah kegemukan atau obesitas sangat berkaitan dengan kurangnya aktivitas fisik. Malas bergerak membuat lemak dalam tubuh terus menumpuk sehingga meningkatkan berat badan. Jadi, bergerak aktif sangat penting untuk membakar kalori dari apa yang kamu konsumsi.

Tulang lemah

Kebiasaan malas bergerak, lambat laun dapat membuat tulang kamu melemah . Malas bergerak atau tidak berolahraga bisa meluruhkan otot-otot di sekitar tulang. Kamu akan berisiko menderita osteoporosis atau pengeroposan tulang lebih cepat.

Baca juga : Selama Ini Kamu Tertipu! 5 Mitos Menstruasi Ini Ternyata Salah Besar

Resiko terkena diabetes

Aktivitas fisik membantu mencegah resistensi insulin yakni penyebab diabetes tipe 2. Sebuah studi melaporkan bahwa untuk setiap dua jam menonton TV, risiko diabetes tipe 2 meningkat 14%.

Ditulis oleh: Kesdik Bayu

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Inilah Manfaat Buah Ceri, Salah Satunya Membuat Sel-sel Kanker Bunuh Diri

Halaman: 
Admin : Uty Saifin Nuha