logo


Adem! Destinasi Wisata Alam di Desa Candisari Ini Layak Kamu Kunjungi

Sesuai dengan sejarahnya, desa ini memiliki pemandangan alam yang menyejukan mata.

1 Oktober 2018 11:18 WIB

Air Terjun Semuncar
Air Terjun Semuncar
dibaca 133 x

Menurut cerita turun temurun warga setempat, nama desa ini diambil dari seorang abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta yang berilmu tinggi bernama Mbah Kerto Deso. Pada suatu hari, Mbah Kerto Deso diajak Raja Kasunanan Surakarta, Sinuwun Pakubuwono, melakukan ritual ke kawah Gunung Merbabu.

Sepulang dari kawah Gunung Merbabu, Sinuwun kelelahan lalu digendong Mbah Kerto Deso hingga tiba di sebuah permukiman. Saat beristirahat di tempat itu, Sinuwun terpesona dengan keindahan alam sekitar. Dia bersabda tempat itu diberi nama Candisari atau berarti tempat yang asri dan baik untuk bermukim.

Baca juga : Menikmati Keindahan Kali Cemara di Desa Blagung Boyolali


Sejarah Desa Kadipaten Boyolali yang Melegenda

Setelah mengantar Sinuwun sampai Keraton, Mbah Kerto Deso kembali ke tempat yang asri tadi untuk menetap dan menjadi sesepuh di sana. Mulai saat itu, wilayah tersebut dikenal sebagai Dukuh Candisari.

Desa Candisari berada di Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali Jawa Tengah. Candisari berbatasan dengan Desa Ngargoloka di sebelah utara, Desa Kembang di sebelah timur, Desa Ngagrong di sebelah selatan, dan Taman Nasional Gunung Merbabu di sebelah barat.

Sesuai dengan sejarahnya, desa ini memiliki pemandangan alam yang menyejukan mata. Jika Kawan Jitu ingin berwisata di kaki Gunung Merbabu, sebaiknya Kamu juga mampir ke desa ini. Menikmati pemandangan pegunungan yang asri dan alami tentu menjadi pilihan wisata menarik untuk melepas penat.

Desa Candisari yang terletak di pada ketinggian 1.050 meter diatas permukaan laut itu indah dan sejuk. Selain keindahan alam, desa ini juga memiliki beberapa tempat wisata yang wajib Kamu kunjungi. Kamu bisa berwisata alam di Air Terjun Semuncar dan Sipendok atau menikmati kesegaran air di Sungai Pantaran serta Curug Tempuran.

Letak dukuh-dukuh di Candisari juga berada di ketinggian sehingga kamu bisa merasakan sejuknya udara pegunungan yang bebas polusi.

Kawan Jitu juga bisa berkemah di desa ini, pemandangan pegunungan bisa menjadi alternatif liburan menyenangkan bersama keluarga.

Budidaya dan Pemancingan Lele Jadi Pembangkit Perekonomian Warga Desa Jipangan Boyolali

Halaman: 
Admin : Jitunews Editor