logo


Budidaya dan Pemancingan Lele Jadi Pembangkit Perekonomian Warga Desa Jipangan Boyolali

Para pengusaha di bidang perikanan tergabung dalam Kelompok Sumber Rejeki.

1 Oktober 2018 10:54 WIB

Budidaya ikan lele.
Budidaya ikan lele. dok. bibitikan.net
dibaca 717 x

Jipangan adalah sebuah desa di kecamatan Banyudono, Boyolali. Desa Jipangan berjarak empat kilometer dari ibukota kecamatan dan lima belas kilometer dari ibukota Kabupaten Boyolali.

Desa Jipangan dibagai menjadi tiga wilayah kepala dusun yang terdiri dari lima belas dukuh. Dikarenakan kondisi wilayas desa yang lembab maka tak heran jika mayoritas penduduknya bermata pencaharian dibidang pertanian.

Baca juga : Bisnis Daur Ulang Limbah Jadi Rupiah di Desa Teter Boyolali


Sejarah Desa Kadipaten Boyolali yang Melegenda

Selain sektor pertanian, sektor perikanan juga menjadi salah satu kegiatan perekonomian sebagian penduduk. Para pengusaha di bidang perikanan tergabung dalam Kelompok Sumber Rejeki.

Kelompok tersebut berdiri sejak tahun 2013. Kelompok Sumber rejeki diketuai oleh Manto Mulyono dan beranggotakan sepuluh orang. Saat ini mereka memiliki dua puluh satu kolam ikan.

Kelompok ini panen ikan lele setiap 2,5 bulan sekali dan rata-rata mampu menghasilkan 4 kuintal lele. Ikan lele dijual ke pasaran dengan harga lima belas ribu rupiah untuk setiap kilogramnya. Keuntungan bersih yang di dapat sekitar sembilan ratus ribu rupiah.

Budidaya ikan lele di Desa Jipangan juga didukung oleh pemerintah setempat. Harapannya, supaya lancar, mendapatkan bantuan modal dan diberikan pelatihan teknik budidaya yang benar. Sehingga warga desa dapat mengetahui lebih jauh mengenai budidaya ikan lele.

Ternyata di Desa Jipangan, lele bukan hanya dibudidayakan, melainkan juga dijadikan serana pemancingan. Salah seorang warga desa bernama Tri Seno adalah pelaku usaha tersebut.

Siapakah Sosok Tinggi dan Berambut Putih yang Hormat pada Jokowi Saat Hendak ke Palu?

Halaman: 
Admin : Jitunews Editor