logo


Sejarah Desa Kadipaten Boyolali yang Melegenda

Desa Kadipaten berada di Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

29 September 2018 13:04 WIB

Desa Kadipaten Boyolali
Desa Kadipaten Boyolali
dibaca 679 x

Desa Kadipaten berada di Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Berdasarkan cerita turun temurun masyarakat setempat, sejarah terbentuknya desa ini berkaitan dengan sejarah Kerajaan Demak Bintoro pada masa kekuasaan Sultan Trenggono.

Pada masa itu, terjadi perebutan kekuasaan di Kerajaan Demak antara Sultan Trenggono dengan Harya Penangsang. Penguasa Tuban, Adipati Jipang Panolan, juga menginginkan tahta Kerajaan Demak sehingga menimbulkan perang antara Harya Panangsang dengan Suta Wijoyo.

Baca juga : Lestarinya Budaya Tradisional di Tangan Warga Desa Butuh Boyolali


Menikmati Keindahan Kali Cemara di Desa Blagung Boyolali

Sebagian besar kerabat Keraton Demak tidak senang dengan kekerasaan dan pertumpahan darah yang terjadi dalam perebutan kekuasaan itu. Pejabat keraton Demak sebagian memilih mengasingkan diri ke arah selatan Demak. Salah satunya adalah Pangeran Samudra yang memilih menetap di Modran, Sumberlawang, Sragen.

Setelah meninggal, Pangeran Samudra dimakamkan di Gunung Kemukus Sumberlawang Sragen. Sementara itu, Senopati Ontosari pindah dari Modran menuju arah barat dan menetap di sebuah pedukuhan yang sekarang dikenal dengan nama Desa Kadipaten.

Senopati Ontosari lalu membangun sebuah perkampungan dan menyamar sebagai petani bernama ertosari. Dia juga menjadi seorang tokoh agama atau kyai dan mengembangkan ajaran Islam di kampung itu. Setelah perkampungan itu berkembang, Ontosari mendirikan sebuah kadipaten.

Bukti peninggalan Ontosari yang juga dikenal warga sebagai Eyang Mertosari adalah sebuah batu alas salat yang masih ada cap telapak tangan, wajah, dan kaki.

Bisnis Daur Ulang Limbah Jadi Rupiah di Desa Teter Boyolali

Halaman: 
Admin : Jitunews Editor