logo


Bisnis Daur Ulang Limbah Jadi Rupiah di Desa Teter Boyolali

Potensi desa ini sungguh beragam, mulai dari daur ulang limbah elektronik, pedagang, peternak, petani hingga kuliner.

29 September 2018 12:58 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi
dibaca 684 x

Sejarah Desa Teter hingga kini belum terdokumentasikan secara resmi namun hanya cerita dari generasi ke generasi terutama warga yang telah berusia lanjut. Nama Teter berarti sebuah tempat untuk penteteran atau pembantaian namun karena kisah tersebut belum dapat dipastikan kebenarannya maka Pemerintah Desa belum berani mengarsipkan sejarah desa ke dalam dokumen resmi.

Desa Teter merupakan salah satu desa dari 13 desa yang ada di wilayah Kecamatan Simo. Desa Teter terletak tiga kilometer ke arah timur dari kecamatan Simo. Luas wilayahnya mencapai 392.152 Hektar. Sebagian besar lahan berupa tanah sawah dengan irigasi, jadi tak heran bila mayoritas warga desa berprofesi sebagai petani.

Baca Juga : Lestarinya Budaya Tradisional di Tangan Warga Desa Butuh Boyolali


Vas Bunga Unik Buatan Warga Desa Pentur Boyolali

Potensi desa ini sungguh beragam, mulai dari daur ulang limbah elektronik, pedagang, peternak, petani hingga kuliner. Dalam hal ini usaha yang cukup menjanjikan adalah daur ulang limbah. Mengingat di era modern saat ini penggunaan peralatan elektronik menjadi suatu keharusan yang tak terelakan lagi.

Penggunaan produk elektronik ini akan terus meningkat seiring dengan tuntutan modernisasi dan tanpa disadari, hal ini akan meningkatkan jumlah sampah yang dihasilkan dari produk-produk elektronik. Daur ulang limbah elektronik adalah salah satu cara warga dalam mengurangi sekaligus mencari untung dari limbah.

Material sampah elektronik yang dapat di manfaatkan kembali atau di daur ulang diantaranya plastik. Limbah plastik bisa diolah untuk menghasilkan bahan baku plastik kembali ataupun diolah untuk menghasilkan bahan bakar setara dengan bensin dan solar.

Peluang ini sangat di sadari oleh warga Desa Teter. Di Desa Teter berdiri industri rumahan yang mengumpulkan sampah elektronik.

Menikmati Keindahan Kali Cemara di Desa Blagung Boyolali

Halaman: 
Admin : Jitunews Editor