logo


Saham Freeport Dikuasai RI, Bamsoet Ingatkan Soal Hak Masyarakat Papua

Bamsoet mendorong Komisi VII DPR untuk meminta Kementerian ESDM agar mempersiapkan ahli teknologi

28 September 2018 19:08 WIB

Menkumham Yasonna Laoly dan Ketua DPR, Bambang Soesatyo (Bamsoet)
Menkumham Yasonna Laoly dan Ketua DPR, Bambang Soesatyo (Bamsoet) Jitunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet), mengapresiasi kepemilikan saham PT Inalum (Persero) di PT Freeport Indonesia (PTFI) yang naik dari 9,36 persen menjadi 51,23 persen.

“Saya mengapresiasi Pemerintah yang telah berhasil mengakuisisi saham mayoritas PTFI,” ujar Bamsoet di Jakarta, Jumat (28/9).

Dalam hal ini, Bamsoet mendorong Komisi VII DPR untuk meminta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) agar mempersiapkan ahli teknologi.


Jokowi: Akhir 2018, lnsya Allah Indonesia Akan Kuasai Sepenuhnya 51% Saham Freeport

Menurutnya, hal ini penting guna mengimbangi divestasi saham sebesar 51,23 persen tersebut.

Selain itu, Bamsoet juga mendorong Komisi II DPR untuk meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar melibatkan Pemerintah Daerah (Pemda) Papua sehingga masyarakat Papua dapat memperoleh manfaat maksimal dari perolehan saham PTFI sebesar 10 persen.

“Saya juga mengimbau Pemda Papua untuk memberikan sosialisasi, mempersiapkan/memfasilitasi, dan memberikan dukungan anggaran kepada seluruh putra-putri terbaik Papua agar dapat menguasai teknologi, guna meningkatkan peran masyarakat Papua dalam mengelola manajemen PTFI,” pungkasnya.

Di Hari Tambang ke-73, Jonan Ingatkan Bawahannya Agar Jangan Egois

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Riana