•  

logo


Menikmati Keindahan Gunung Madu di Desa Kedunglengkong Boyolali

Banyak orang-orang yang datang untuk menikmati sunrise dari atas bukit tersebut mulai dari anak-anak hingga dewasa.

28 September 2018 15:33 WIB

Gunung Madu Boyolali
Gunung Madu Boyolali
dibaca 3136 x

Desa Kedunglengkong terletak di sebelah utara bantaran sungai yang bentuknya berliku-liku, yang dalam bahasa Jawa disebut juga lengkang-lengkong. Tanahnya sebagian besar berwujud pegunungan dan sisanya berwujud dataran rendah.

Ada sebuah gunung bernama Gunung Kendeng yang membujur dari barat dan di timur terdapat Gunung Madu. Kedunglengkong adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah.

Baca juga : Manfaatkan Segala Potensi yang Ada, Demi Kemajuan Desa Sidomulyo Boyolali


Menikmati Keindahan Alam di Desa Krasak Boyolali

Sejarah mencatat bahwa sebelum Perang Dunia II, sebagian besar tanah di Kedunglengkong dikuasai penjajah Belanda. Mereka mendirikan perusahaan karet yang berlokasi di Dukuh Karangjati yang diberi nama Pabrik Karet Simo-Gondangrawe.

Akibat politik bumi hangus, tanah perkebunan karet diambil alih oleh rakyat sekitarnya untuk pemukiman penduduk dibangun menjadi dukuh baru. Bekas pabrik karet di Karangjati kini sebagian tanahnya dibangun Kantor Kelurahan (Balai Desa Kedunglengkong).

Salah satu potensi wisata di Desa Kedunglengkong yaitu Lembah Gunung Madu. Banyak orang-orang yang datang untuk menikmati sunrise dari atas bukit tersebut mulai dari anak-anak hingga dewasa. Tempat tersebut cocok untuk berlibur dan bersantai bersama keluarga, kerabat, atau sahabat.

Lembah Gunung madu juga menyimpan banyak sejarah dari jaman penjajahan Jepang. Hal tersebut terlihat dari beberapa goa yang sengaja dibuat sebagai tempat persembunyian pada zaman penjajahan dulu.

Sejarah Asal-usul dari Nama Desa Sangge Boyolali

Halaman: 
Admin : Uty Saifin Nuha