logo


PLTBm Deli Serdang Hemat Rp 98 Miliar Keuangan PLN

PLTBm Deli Serdang memanfaatkan biomasa kayu karet dari replanting kebun karet milik PTPN III

28 September 2018 10:11 WIB

Proses gasifikasi biomassa sawit.
Proses gasifikasi biomassa sawit. Istimewa

DELI SERDANG, JITUNEWS.COM - Komitmen Pemerintah dalam mendukung energi baru terbarukan kembali diwujudkan.

Rabu (26/9) kemarin, di Desa Tanjung Selamat, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, dilangsungkan penandatanganan Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (PJBL) proyek PLTBm (Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa) Deli Serdang dengan kapasitas 1 x 9,9 MW antara PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara dengan PT Cipta Multi Listrik Nasional.

PLTBm Deli Serdang memanfaatkan biomasa kayu karet dari replanting kebun karet milik PTPN III. Pembangunan PLTBm ini membutuhkan investasi sekitar Rp 340 Miliar dan ditargetkan Commercial Operation Date (COD) pada September 2020.


Gara-gara BEP, Pertamax Cs di Sultra Jadi Begini!

Penandatanganan ini disaksikan oleh perwakilan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), dan PT PLN (Persero) Kantor Pusat.

Beroperasinya PLTBm Deli Serdang di Sumatera Utara ini akan berpotensi menurunkan penggunaan PLTD di Sumatera Utara yang artinya akan menghemat penggunaan BBM untuk PLTD sekitar 17.000 kilo liter per tahun dan apabila dibandingkan dengan PLTD akan menghemat sekitar Rp 98 Miliar per tahun.

Penandatangan PJBL ini merupakan lanjutan penandatangan PJBL pembangkit EBT pada tahun 2017 dengan total kapasitas mencapai 1.189,22 MW. Total pembangkit tenaga listrik dari energi terbarukan yang telah menandatangani PJBL sebesar 1.199,12 MW.

Penandatanganan PJBL ini merupakan salah satu bukti nyata dari upaya Pemerintah dalam memenuhi target bauran energi terbarukan sebesar 23% pada tahun 2025, serta menciptakan harga listrik yang kompetitif dan affordable.

Sah! INALUM Resmi Kuasai 51 Persen Saham Freeport

Halaman: 
Penulis : Riana