logo


Desa Karanggeneng Boyolali, Miliki Potensi yang Dikenal Sampai Mancanegara

Letak geografis wilayah Desa Karanggeneng cukup strategis karena merupakan desa sentra industri dengan unggulan genting dan batu bata.

27 September 2018 10:26 WIB

pixabay.com. Semua Foto di dalam artikel ini diupload oleh penulis
pixabay.com. Semua Foto di dalam artikel ini diupload oleh penulis "Suara Kita". Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap dampak yang mungkin timbul dari pengunggahan foto-foto tersebut.
dibaca 1729 x

Desa Karanggeneng merupakan desa yang terletak di Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Luas wilayah desa ini kurang lebih 319,1137 hektar. Letak geografis wilayah Desa Karanggeneng cukup strategis karena merupakan desa sentra industri dengan unggulan genting dan batu bata.

Pemerintah Desa Karanggeneng membangun pengairan sawah berupa embung sebagai langkah awal memberikan solusi bagi petani dalam mengatasi musim kemarau. Embung yang diberi nama Asem Kembar tersebut mempunyai luas satu setengah hektar.

Baca Juga : Hanya Butuh 30 Menit Untuk Berhenti Merokok, Simak Triknya!


Kentalnya Kebudayaan Tradisional di Desa Tegalgiri Boyolali

Seluruh biaya pembangunan menggunakan dana dari Pemerintah Kabupaten Boyolali.

Nama asem kembar disematkan untuk nama embung karena di area sekitar embung berdiri tegak dua pohon asem yang terlihat kembar dan menjadi salah satu pohon keramat di Desa Karanggeneng menjadi sejarah mitos untuk pariwisata desa.

Potensi desa ini beragam, hampir setiap jenis usaha telah diwujudkan oleh warga desa, mulai dari kuliner, mebel sampai tekstil. Berikut ini adalah beberapa potensi Desa Karanggeneng yang telah dikelola:

1. Mengelola kain perca - Di tangan kreatif Reni, warga Karanggeneng, Boyolali kain perca di rubah menjadi barang yang memiliki daya guna dan dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Kesenian Tradisional yang Masih Dilestarikan Desa Urutsewu Boyolali

Halaman: 
Admin : Dela Fahriana