logo


Mengulik Manfaat Bunga Krisan Sebagai Obat Herbal Tradisional

Selain sebagai tanaman hias, bunga Krisan juga dibudidayakan sebagai ramuan kesehatan

29 Januari 2015 09:11 WIB

Bunga Krisan juga berkhasiat sebagai obat sakit bengkak pada mata dan untuk obat luka. FOTO : ISTIMEWA
Bunga Krisan juga berkhasiat sebagai obat sakit bengkak pada mata dan untuk obat luka. FOTO : ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Krisan merupakan tanaman bunga hias berupa perdu dengan sebutan lain Seruni atau Bunga emas (Golden Flower) berasal dari dataran Cina.

Bunga Krisan masih tergolong ke dalam famili yang sama dengan bunga Aster dan Daisy, yaitu famili Asteraceae. Daun dan bunga Krisan mengandung saponin, di samping itu daunnya mengandung alkaloida dan tanin, sedang bunganya juga mengandung minyak atsiri.

Selain sebagai tanaman hias, bunga Krisan juga dibudidayakan sebagai ramuan kesehatan, seperti di Cina. Di Jepang, kelopak bunga Krisan juga dipercaya dapat memberikan kesehatan apabila diminum bersama segelas anggur. Minuman teh Krisan juga telah banyak dijumpai. Krisan yang dijadikan minuman adalah Krisan berwarna kuning dan putih. Selain bermanfaat sebagai relaksasi, teh Krisan juga dipercaya berkhasiat menyembuhkan influenza, demam, panas dalam, bahkan membersihkan liver.


Salut, Mahasiswa Ini Ciptakan Ramuan Herbal untuk Enyahkan Insomnia!

Selain itu bunga Krisan juga berkhasiat sebagai obat sakit bengkak pada mata dan untuk obat luka. Untuk obat bengkak mata dipakai ± 10 gram bunga Krisan, dicuci dan direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih lalu dinginkan sampai hangat-hangat kuku. Air hasil rebusan digunakan untuk merendam atau mengkompres mata yang sakit.

Obat Tetes Mata Herbal dari Bunga Kitolod

Halaman: 
Penulis : Riana