logo


Harus Tahu! Inilah Dampak Serius Akibat Kecanduan Game Online, Sampai Masalah Otak Lho

Dampak seseorang yang mengalami kecanduan terhadap video atau permainan berbasis internet (game online) ternyata sangat besar lho.

24 September 2018 17:12 WIB

dampak serius bermain game
dampak serius bermain game
dibaca 2976 x

Dilansir dari lifestyle.bisnis.com pada Senin (24/9), dampak seseorang yang mengalami kecanduan terhadap video atau permainan berbasis internet (game online) ternyata sangat besar, entah itu kesehatan atau psikologis seseorang.

Orang yang mengalami adiksi, di samping mengalami keluhan secara fisik juga mengalami perubahan struktur dan fungsi otak.

“Struktur dan fungsi otaknya mengalami perubahan. Jadi, kalau kita lihat otaknya pake MRI, ada perubahan di bagian otak pre-frontal cortex”, tutur dr. Kristiana Siste, SpKJ(K).


Daftar 5 Film Indonesia Paling Laris Sepanjang Tahun 2018, Favoritmu Ada Nggak?

Gangguan pada bagian otak tersebut mengakibatkan orang yang mengalami suatu ketergantungan atau kecanduan kehilangan beberapa kemampuan atau fungsi otaknya, antara lain fungsi atensi (memusatkan perhatian terhadap sesuatu hal), fungsi eksekutif (merencanakan dan melakukan tindakan) dan fungsi inhibisi (kemampuan untuk membatasi).

“Adanya perubahan otak membuat dirinya sulit mengendalikan perilaku impulsive. Sering pasien bilang sama saya, udah bosen main (game) tapi gak bisa berhenti. Karena memang otaknya sudah berubah, fungsi otak yang berfungsi untuk menahan perilaku untuk tidak impulsive itu sudah terganggu. Padahal dia sendiri sudah tidak menikmati, tapi tidak bisa berhenti karena kehilangan kontrol tadi”, jelas Siste.

Simak, Tips Anti Lelah saat Berpuasa di Bulan Ramadan

Halaman: 
Admin : Dela Fahriana