logo


Wagub Kalbar Lepas Ekspedisi Pelayanan Kas di Pulau 3T

Pelayanan tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas uang yang beredar di wilayah Perbatasan, Kepulauan Terdepan, Terluar dan Terpencil

18 September 2018 14:32 WIB

Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan didampingi Aspotmar Danlantamal XII Kolonel Laut (P) Budi Mulyadi mewakili Danlantamal XII, Kepala BI Perwakilan Kalbar Prijono melepas KRI Torani-860, di Dermaga Lantamal XII, Selasa (18/9).
Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan didampingi Aspotmar Danlantamal XII Kolonel Laut (P) Budi Mulyadi mewakili Danlantamal XII, Kepala BI Perwakilan Kalbar Prijono melepas KRI Torani-860, di Dermaga Lantamal XII, Selasa (18/9). Jitunews/Ngadri

"Tidak dipungkiri, kejahatan terhadap Mata Uang, terutama pemalsuan uang, dewasa ini semakin merajalela dalam skala yang besar dan sangat merisaukan, terutama dalam hal dampak yang ditimbulkan oleh kejahatan pemalsuan uang yang dapat mengancam kondisi moneter dan perekonomian nasional," ujarnya.

Dijelaskannya, pemalsuan uang dewasa ini ternyata juga menimbulkan kejahatan lainnya seperti terorisme, kejahatan politik, pencucian uang, penebangan kayu secara liar, dan perdagangan orang, baik yang dilakukan secara perseorangan, terorganisasi, maupun yang dilakukan lintas negara.

"Modus dan bentuk kejahatan terhadap mata uang semakin berkembang. Ketentuan tindak pidana pemalsuan mata yang diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana belum mengatur secara komprehensif jenis perbuatan tersebut dan sanksi yang diancamkan," ujarnya.


Pernah Jadi Partai Penguasa, Demokrat Siap Beri Masukan Jokowi Soal Melemahnya Rupiah

Sementara itu, Danlantamal XII Laksma TNI Gregorius Agung WD mengatakan Satgas ini merupakan kerja sama TNI-AL dengan pihak Bank Indonesia untuk penyaluaran uang di wilayah Kepulauan Kalbar dan Provinsi Bangka Belitung nantinya akan didistribusikan dengan cara penukaran uang di Pulau Padang Tikar, Pulau Maya, Pulau Karimata, Pulau Baku Limau dan Pulau Pongok.

Gubernur BI: Karunia Allah, Rupiah Stabil dan Menguat

Halaman: 
Penulis : Ngadri, Aurora Denata