logo


Wagub Kalbar Lepas Ekspedisi Pelayanan Kas di Pulau 3T

Pelayanan tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas uang yang beredar di wilayah Perbatasan, Kepulauan Terdepan, Terluar dan Terpencil

18 September 2018 14:32 WIB

Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan didampingi Aspotmar Danlantamal XII Kolonel Laut (P) Budi Mulyadi mewakili Danlantamal XII, Kepala BI Perwakilan Kalbar Prijono melepas KRI Torani-860, di Dermaga Lantamal XII, Selasa (18/9).
Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan didampingi Aspotmar Danlantamal XII Kolonel Laut (P) Budi Mulyadi mewakili Danlantamal XII, Kepala BI Perwakilan Kalbar Prijono melepas KRI Torani-860, di Dermaga Lantamal XII, Selasa (18/9). Jitunews/Ngadri

Selanjutnya, tujuan khususnya adalah untuk memenuhi kebutuhan uang kartal di masyarakat baik dalam nominal yang cukup, jenis pecahan yang sesuai, tepat waktu, dan dalam kondisi yang layak edar (clean moneypolicy).

Kemudian meningkatkan kualitas uang yang beredar di wilayah Perbatasan, Kepulauan Terdepan, Terluar dan Terpencil di wilayah NKRI serta memberikan edukasi publik kepada masyarakat tentang ciri-ciri keaslian uang rupiah.

Dalam kehidupan perekonomian suatu negara, peranan uang sangatlah penting karena uang mempunyai berbagai fungsi, antara lain sebagai alat penukar atau alat pembayar dan pengukur harga sehingga dapat dikatakan bahwa uang merupakan salah satu alat utama perekonomian.


Pernah Jadi Partai Penguasa, Demokrat Siap Beri Masukan Jokowi Soal Melemahnya Rupiah

"Dengan uang, perekonomian suatu negara akan berjalan dengan baik sehingga mendukung tercapainya tujuan bernegara, yaitu mencapai masyarakat adil dan makmur. Jika dilihat secara khusus dari bidang moneter, jumlah uang yang beredar dalam suatu negara harus dikelola dengan
baik, sesuai dengan kebutuhan perekonomian," jelasnya.

Mengingat pentingnya peran uang tersebut, Wagub mengatakan, uang harus dibuat sedemikian rupa agar sulit ditiru atau dipalsukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Gubernur BI: Karunia Allah, Rupiah Stabil dan Menguat

Halaman: 
Penulis : Ngadri, Aurora Denata