logo


Sembelit Selama Kehamilan? Ini Solusinya

Perbanyaklah makanan berserat tinggi dari biji-bijian, buah-buahan dan sayuran.

28 Januari 2015 11:03 WIB

Sembelit ibu hamil
Sembelit ibu hamil

JITUNEWS.COM - Sembelit adalah masalah yang umum pada kehamilan. Sekitar setengah dari ibu hamil mengalami sembelit di beberapa titik dalam kehamilan mereka. Kondisi ini bisa sangat tidak nyaman. Perut terasa penuh, buang air besar kurang tuntas dan tinja keras sehingga sulit dilewatkan. Apakah solusi yang aman?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebelumnya mari kita ketahui mengapa ibu hamil cenderung mendapatkan sembelit. Ada beberapa alasannya. Pertama, pertumbuhan bayi di rahim ibu kadang-kadang menekan organ lainnya, termasuk usus. Selama kehamilan, tubuh juga memproduksi lebih banyak hormon-hormon wanita dari biasanya. Tugas hormon-hormon tersebut adalah memastikan bahwa kehamilan berkembang dengan normal. Salah satu hormon tersebut, yang disebut progesteron, bertindak merelaksasi otot-otot halus di seluruh tubuh.

Dinding usus yang terbuat dari otot halus ikut terelaksasi, sehingga kurang mampu menggerakkan makanan. Akibatnya, makanan lebih lambat melewati usus. Ibu hamil juga umumnya kurang aktif. Padahal, aktivitas fisik dapat merangsang kerja usus dan pencernaan. Akhirnya, banyak ibu hamil yang mengambil suplemen zat besi untuk mencegah anemia, yang memiliki efek samping sembelit. Mengatasi sembelit tadi, Ada baiknya Anda mencoba beberapa saran praktis berikut :


Cara Ini Terbukti Ampuh Atasi Sembelit Tanpa Obat

1. Konsumsi makanan berserat
Perbanyak makanan berserat tinggi dari biji-bijian, buah-buahan dan sayuran.
Serat mendorong usus untuk bekerja lebih keras, menyerap cairan dan membantu memastikan kotoran tetap lembut dan tidak mengering. Idealnya, Anda mengonsumsi serat makanan 25 – 30 gram per hari dari biji-bijian, buah-buahan dan sayuran.

2. Minum air secukupnya
Minum cukup air, setidaknya enam sampai delapan gelas sehari
Jika tidak ada cukup cairan dalam makanan, proses pencernaan akan melambat, usus tidak dapat melakukan pekerjaannya dan kotoran akan mengeras dan sulit untuk dilewatkan.

3. Tetaplah aktif
Berjalan-jalan ringan, bersenam atau berenang dapat mengurangi sembelit dan membuat Anda lebih sehat dan bugar.

4. Luangkan waktu ke kamar mandi
untuk menggunakan kamar kecil setelah Anda makan. Dengarkan tubuh Anda. Jangan menunda untuk pergi ke kamar kecil ketika Anda merasakan dorongan buang air besar. Namun, jangan mengejan terlalu kuat saat melewatkan kotoran yang keras karena dapat menyebabkan atau memperburuk wasir.

5. Kurangi suplemen zat besi
Jika suplemen kehamilan Anda mencakup zat besi dalam dosis besar– padahal Anda tidak anemia– tanyakan ke dokter Anda apakah bisa mengurangi dosisnya. Nutrisi yang baik seringkali dapat memenuhi kebutuhan zat besi selama kehamilan.

 

Jangan Keseringan Tidur, Bahaya! Salah Satunya Sebabkan Susah Hamil

Halaman: 
Penulis : Hasballah
 
×
×