logo


Manfaat Jitu Daun Patikan Kerbau Bagi Kesehatan

Patikan Kerbau terbukti mengandung beberapa senyawa baik untuk kesehatan seperti alkaloida, tanin, folifenol,

28 Januari 2015 09:45 WIB

Daun Patikan Kerbau. FOTO : ISTIMEWA
Daun Patikan Kerbau. FOTO : ISTIMEWA

JAKATA, JITUNEWS.COM - Patikan Kerbau yang memiliki nama latin Euphorbia hirta dahulunya merupakan salah satu tumbuhan liar yang tumbuh dikawasan tropis. Tak hanya di tanah air, daun Patikan Kerbau rupanya juga sudah sangat terkenal di negara China dan Malaysia.

Menurut beberapa penelitian, Patikan Kerbau terbukti mengandung beberapa senyawa yang memang sangat berguna untuk mengobati beberapa macam penyakit dan baik untuk kesehatan seperti alkaloida, tanin, senyawa folifenol (seperti asam gallat), flavonoid quersitrin, ksanthorhamnin, asam-asam organik palmitat oleat dan asam lanolat.

Berikut penyakit yang bisa ditanggulangi oleh daun Patikan Kerbau :


Salut, Mahasiswa Ini Ciptakan Ramuan Herbal untuk Enyahkan Insomnia!

1. Mengobati Disentri

Sediakan Patikan Kerbau sebanyak 15-24 gram ditambah gula pasir (bila berdarah) atau gula enau (bila berlendir), tambah air secukupnya, ditim, lalu diminum.

2. Mengobati Radang ginjal

Sediakan tanaman Patikan Kerbau yang sudah dikeringkan sebanyak 6-9 gram atau tanaman yang masih segar sebanyak 30 – 60 gram, kemudian rebus hingga mendidih, dan minum air rebusan tersebut.

3. Mengobati Radang Tenggorokan

Gunakan daun Patikan Kerbau secukupnya, kemudian diseduh dengan air panas, lalu dipakai untuk kumur-kumur. Lakukan setiap pagi dan sore hari.

4. Herpes Zoster

Gunakan 30 gram Patikan Kerbau  dan 1 siung bawang putih ditumbuk atau busa juga diblender hingga halus lalu tempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Lakukan secara berkala dua kali 1 hari, bila pengobatan telah sampai 10-12 hari, hentikan dulu pengobatan selama tiga hari. Setelah itu lanjutkan lagi pengobatan.

5. Mengobati Asma

Sediakan 1 genggam daun Patikan Kerbau kering,  lalu rebus dengan 2-3 gelas air hingga mendidih, disaring dan diminum 2 kali sehari 1/2 gelas, pagi dan sore.

6. Tifus dan DBD

Sediakan 30 gram Patikan Kerbau lalu direbus dengan menggunakan 400 cc air sampai tersisa 200 cc, selanjutnya air diminum selagi masih hangat.

Obat Tetes Mata Herbal dari Bunga Kitolod

Halaman: 
Penulis : Agung Rahmadsyah, Riana