logo


DPR: Sebaiknya GoJek Tak Lakukan Ekspansi ke Vietnam, karena…

Pemerintah didesak membuat aturan yang jelas soal kinerja para unicorn.

13 September 2018 12:09 WIB

Jokowi dan Go-Jek di Vietnam.
Jokowi dan Go-Jek di Vietnam. Instagram @jokowi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ekspansi GoJek yang melakukan ekspansi ke Vietnam mendapat sorotan dari Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Satya Yudha.

Satya meminta, para unicorn khususnya GoJek untuk tidak melakukan ekspansi ke Vietnam di tengah pasar ekonomi domestik melemah. Menurutny,a Gojek lebih baik meningkatkan elektabilitas penguasaan pasar dalam negeri seperti negara China.

"Pasar dalam negeri masih luas. Pemain didorong untuk menjadi penguasa dalam negeri. Baru kuasai pasar luar negeri. Belajar dari China yang punya keunggulan komparatif dan kompetitif dengan teknologi yang dimiliki,” ujar Satya di Jakarta, Kamis (13/9).


Ahmad Dhani: Ulama Dilarang Bicara Politik, Tapi Ketua Majelis Ulama Terjun ke Politik

“Ekspansi ke Vietnam yang nikmati nanti justru mereka terutama dari sisi value chain," tambahnya.

Di sisi lain, Anggota Komisi XI DPR RI, Eva Kusuma Sundari menilai, kehadiran unicorn ini membantu pemerintah yang sedang berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan inovasi di Tanah Air.

Namun, para unicorn ini seharusnya mampu lebih memahami peran mereka dalam pergerakan ekonomi Indonesia, disaat rupiah tengah melemah.

"Indonesia perlu tingkatkan index kompetisi agar para unicorn tetap stay menggarap pasar dalam negeri, karena potensi kita sangat besar," ucap Politisi PDIP ini.

Setelah Ngobrol Dengan Presiden Tran Dai Quang, 'Si Hijau' Langsung Diluncurkan di Vietnam!

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Riana