logo


Banyak Keunggulannya, Arcandra Apresiasi Digitalisasi Nozzle di SPBU

Pemerintah akan memasang sistem digital pada 75.000 nozzle di 5.518 SPBU seluruh Indonesia

3 September 2018 09:30 WIB

Petugas SPBU mengisikan BBM ke kendaraan pelanggan.
Petugas SPBU mengisikan BBM ke kendaraan pelanggan. dok. JITUNEWS.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar, mengapresiasi langkah yang diambil oleh PT Pertamina dengan PT Telkomunikasi Indonesia (Telkom) yang menerapkan teknologi digitalisasi nozzle di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

"Ini sangat menggembirakan karena tren di dunia nantinya semuanya akan berdasarkan data analisis. Ini era baru dimana kita bersaing dengan analisis big data salah satu komponennya adalah digitalisasi," kata Arcandra saat menyaksikan penandatanganan kerja sama digitalisasi nozzle SPBU di Gedung Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Jakarta, Jumat (31/8) lalu.

Menurut Arcandra, dengan adanya digitalisasi nozzle, maka akan memudahkan pemantauan data penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dibutuhkan oleh masing-masing SPBU secara realtime melalui handphone.


Jalankan Kebijakan Pemerintah, Pertamina Salurkan B20 Kepada Pengguna Akhir

"Kita harap dengan program dari Pertamina untuk mendapatkan data yang langsung online dan bisa dilihat ultimate goal-nya dari handphone kita. Berapa kebutuhan masing-masing SPBU, apakah SPBU tersebut menyalurkan solar sesuai yang diperuntukkan, apakah tangki-tangki yang SPBU punya supply chain-nya sudah efisien atau tidak," harap Arcandra.

Blok Sengkang Diperpanjang 20 Tahun, Negara Kantongi Pendapatan Segini!

Halaman: 
Penulis : Riana