logo


Memanjakan Mata, Balkondes Wringinputih Jadi Lokasi Film

Kearifan lokal masyarakat setempat turut menyertai persona Wringinputih

1 September 2018 09:58 WIB

Balkondes Wringinputih
Balkondes Wringinputih Pertamina

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Wringinputih telah menjadi salah satu destinasi wisata unggulan. Kesejukan alam pedesaan yang masih alami dengan latar belakang perbukitan Menoreh menjadi visual yang memanjakan mata dan memberi ketenangan bagi pengunjung.

Tak hanya keindahan alam, Balkondes Wringin Putih yang berada di kawasan wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, memiliki arsitektur bangunan rumah yang unik berbentuk pondok dari bambu.

Selain itu, desain halaman didominasi kayu dan bambu menambah kekuatan panorama alam yang masih asli. Seperti Bale Bambu Klatakan yang awalnya hanya kebun bambu liar kini telah menjadi daya tarik utama dan sering diabadikan menjadi objek swafoto. Kearifan lokal masyarakat setempat turut menyertai persona Wringinputih, yakni interaksi sosial, persaudaraan yang erat, serta gotong royong antar warga.


Liburan, Nafsu Makan Malah Hilang? Cek Penyebabnya

Dikembangkan oleh PT Pertamina (Persero), Desa Wisata Wringin Putih diharapkan dapat tumbuh dan berkembang menjadi sentra penggerak ekonomi dan galeri potensi kerajinan masyarakat sekitar, seperti batik, kerajinan bambu, serta sentral kuliner dan penginapan.

“Terlibat dalam pengembangan Wringin Putih ini, Pertamina memahami pentingnya melestarikan budaya terutama budaya lokal. Setelah berkembang dan kini menjadi tujuan wisata, kehadiran Wringinputih juga turut meningkatkan animo wisatawan domestik dan mancanegara untuk menikmati keindahan dan keunikan Balkondes tersebut,” jelas VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito, Jumat (31/8).

Ingin Tenang dan Bikin Otak Fresh, Liburan Saja ke Sini

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata