logo


Hiu Karpet Berbintik, Hiu Endemik Indonesia yang Terancam Punah

Sayangnya, status hewan yang lucu ini dalam daftar WWF ini adalah terancam punah

26 Januari 2015 13:54 WIB

Hiu Karpet Berbintik. FOTO : ISTIMEWA
Hiu Karpet Berbintik. FOTO : ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Papua, adalah salah satu surga dunia yang berada di wilayah timur kepulauan Indonesia memiliki keindahan alam yang sangat memesona. Papua menyimpan kekayaan biodiversitas yang sangat tinggi terutama di bawah lautnya. Di bawah laut ini bersembunyi suatu spesies yang disebut 'penguasa bayangan' perairan Raja Ampat, tak lain adalah Hiu Karpet Berbintik (Hemiscyllium freycineti). Hiu ini memiliki habitat di laut dangkal dengan terumbu karang, pasir dan rumput laut yang lebat.

Spesies Hiu ini termasuk kategori hiu bambu atau famili Hemiscyllidae (ada banyak famili dalam Hiu Karpet lainnya seperti oroctolobidae, brachaeluridae, paraschilidae, dan lainnya). Hiu Karpet Berbintik memiliki bentuk serupa dengan hiu yang lain. Bagian tubuhnya terbagi dalam ekor, dua sirip samping, dua sirip di bagian pungggung, dua mata yang terdapat kepala sisi atas, dan pasti moncong mulut. Hiu tIpe ini mempunyai badan panjang. Sisi moncongnya relatif pendek jika dibanding dengan hiu yang lain. Mulut hewan bertulang punggung ini ada di depan mata. Hewan ini dapat mempunyai spirakel yang terdapat dibawah mata. Sirip yang dipunyai hiu karpet berbintik berupa tidak tipis serta berupa segitiga dengan tumpul di bagian ujung.

Hiu Karpet Berbintik mempunyai warna kulit yang polanya seperti macan tutul. Pola itu benbentuk heksagonal, warnanya coklat berbintik. Pola ini menyebar rata di semua permukaan hiu karpet berbintik sisi atas. Sisi moncong hiu karpet berbintik ada bintik-bintik kecil serta berwarna gelap menutupi moncongnya.


Wilayah Asia Masih Jadi Daya Tarik Ekspor Perikanan Bitung

Ukuran panjang optimal Hiu Karpet Berbintik yaitu 46 cm baik untuk kelamin jantan ataupun betina. Hiu Karpet Berbintik umumnya berenang dalam kedalaman 0-12m dibawah permukaan laut. Pakan Hiu Karpet Berbintik yaitu hewan kecil tipe invertebrata.

Meskipun Hiu ini kelihatan kecil dan tidak berbahaya, namun para penyelam jangan pernah meremehkan makhluk ini, karena seringkali tampak mereka memakan ikan lain yang lebih besar.

Sayangnya, status hewan yang lucu ini dalam daftar WWF ini adalah terancam punah. Kondisi ini diperparah dengan dikenalkannya kepulauan Raja Ampat ke dunia sehingga menyebabkan banyak kapal tangkap besar dari luar negeri yang memasuki perairan ini dan merusak ekosistem juga menghancurkan mata pencaharian nelayan lokal, apalagi wilayah timur Indonesia rentan dimasuki dari luar oleh negara lain karena lemahnya penjagaan dan pertahanan maritim dan udara oleh militer. Tak diragukan lagi status dari Hiu Karpet Berbintik Indonesia sekarang adalah sangat terancam punah, jika kondisi ini terjadi terus mungkin dalam rentang 10 tahun lagi Hemicyllium freycineti akan menjadi sebuah legenda.

Jadi mari kita selamatkan spesies Hiu Karpet Berbintik ini yah!

 

Tiga Langkah Strategis dalam Inovasi Budidaya Perikanan

Halaman: 
Penulis : Riana