logo


Smelter Gunakan Listrik Mandiri

Smelter Gunakan Listrik Mandiri

30 April 2014 17:09 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM-Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menghimbau kepada perusahaan pertambangan yang akan membangun smelter atau pabrik pengolahan dan pemurnian mineral untuk menggunakan listrik mandiri.  

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM, Jarman menilai jika energi listrik untuk pembangunan smelter disalurkan melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN), maka tidak ekonomis.

"Mereka yang bikin pembangkit sendiri bisa efisien dan beberapa perusahaan tambang  melakukannya. Kalau mereka bisa menggunakan resources yang lebih murah kenapa tidak," ujar Jarman di Jakarta, Rabu (30/4).

Menurutnya, lokasi pembangkit PLN jauh dari smelter maka akan digunakan metode power willing dengan system bisnis sehingga listrik tersebut tidak hanya untuk zona usaha saja melainkan dapat dijual ke masyarakat sekitar.

"Saya sarankan mandiri saja. Bisa bangun listrik sendiri atau pun kerja sama dengan sektor swasta. Jika PLN intervensi pun tentu ada skema business to business yang dijalankan," tutur Jarman.

Ia juga menyarankan  perusahaan tambang untuk melihat potensi energi listrik yang terdapat di lingkungan sekitar seperti gas ataupun panas bumi agar listrik tersebut nantinya dapat dimanfaatkan bagi keperluan usaha bahkan bagi masyarakat sekitar.
 
 

UU Minerba Menuai Protes Dalam dan Luar Negeri

Halaman: 
Penulis :