logo


Jonan: Industri Hulu Migas Harus Efisien!

Menteri ESDM Ignasius Jonan, mengatakan, efisiensi dalam industri sektor energi dan sumber daya mineral menjadi tantangan saat ini.

9 Agustus 2018 13:22 WIB

Menteri ESDM Ignasius Jonan.
Menteri ESDM Ignasius Jonan. Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri ESDM Ignasius Jonan, mengatakan, efisiensi dalam industri sektor energi dan sumber daya mineral menjadi tantangan saat ini. Karenanya, kata Jonan, sebagai sektor yang menghasilkan produk yang harganya tidak bisa diperkirakan dan dikendalikan, efisiensi menjadi kunci industri di sektor ini.

"Kalau saya melihat di industri ini, sektor ini pada umumnya dari mulai mineral, batubara, migas, kelistrikan itu efisiensinya kalau dibanding sektor lain, itu agak kurang," ujar Jonan.

Padahal, menurut Jonan, dengan harga produk yang fluktuatif, semakin efisien biaya produksi, maka akan semakin banyak keuntungan yang didapat. Di sisi lain, inefisiensi berarti biaya tinggi yang akan menghasilkan produk yang relatif mahal.


Tetapkan PI 10%, Jonan: Daerah Harus Nikmati Juga Pendapatan Sektor Migas

Sebagai contoh, ungkap Jonan, jika semangat pengelolaan terutama di sektor hulu migas ini diaplikasikan ke sektor transportasi, maka tidak akan ada satu operatorpun yang dapat bertahan menjalankan usahanya.

Dirjen Minerba ESDM Diangkat Komisaris Inalum

Halaman: 
Penulis : Riana