logo


Tips Jitu Mengecek Rumah Usai Gempa

Banyak hal yang perlu diperhatikan saat kamu kembali ke rumah usai gempa.

7 Agustus 2018 12:22 WIB

Mengecek bangunan setelah terkena gempa.
Mengecek bangunan setelah terkena gempa. Pixabay

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Gempa bumi 7 SR mengguncang kawasan Lombok Utara, NTB, Minggu (5/8) lalu. Puluhan orang meninggal dan ratusan lainnya mengalami luka. Selain itu, ribuan rumah mengalami kerusakan parah terutama yang berada di Kabupaten Lombok Utara.

Usai gempa, banyak orang yang mulai melihat rumah yang sempat ditinggalkan. Saat terjadi gempa, orang memang harus keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Banyak hal yang perlu diperhatikan saat kamu kembali ke rumah usai gempa. Kamu perlu waspada saat mengecek rumah ya!


Soal Gempa Lombok, Fahri Hamzah Minta Pemerintah Naikkan Status

Pertama, memeriksa kondisi luar rumah. Coba cek lihat rumah, apakah miring atau tidak. Lantas, periksa pondasi rumah, apakah ada yang ambles.

Jangan lupa untuk memeriksa dinding, apakah ada yang retak. Begitu juga dengan jendela, pintu, atap, dan lainnya. Kamu harus memeriksa seluruh bagian luar rumah.

Kedua, memeriksa instalasi listrik, air, dan telepon. Hal pertama yang perlu kamu periksa adalah sambungan listrik, apakah listrik masih mengalir atau tidak.

Periksa juga apakah ada kabel yang terkelupas atau tidak. Tetapi, jangan perbaiki sendiri ya, kamu harus menunggu petugas PLN untuk memperbaikinya.

Kamu juga perlu memeriksa aliran air dan sambungan telepon. Apakah keduanya masih terkoneksi dengan baik atau tidak.

199 Gempa Susulan Terjadi di Lombok

Halaman: 
Penulis : Riana