logo


Wapres: Perlu Konsensus Nasional Terkait Subsidi Energi

Wapres: Perlu Konsenus Nasional Terkait Subsidi Energi

30 April 2014 14:25 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM- Wakil Presiden (Wapres) Boediono memandang, perlu konsensus nasional untuk mempertimbangkan beban subsidi energi yang semakin membengkak.

Wapres mengemukakan pendapatnya itu saat membuka Indonesia Green Infrastructure Summit 2014 di The Ritz Carlton Hotel, Jakarta. Menyitir laman Kemenkeu, Wapres  mengajak, semua pihak perlu memikirkan soal subsidi BBM, tidak hanya DPR.

Bahkan Wapres menekankan pentingnya konsensus nasional secara sistematis dalam rangka mengurangi ketergantungan terhadap subsidi energi, terutama subsidi bahan bakar minyak (BBM) dalam jangka menengah.

Konsensus nasional tersebut, menurutnya, harus melibatkan berbagai kalangan, baik pemerintah, DPR, maupun swasta. Jika tidak, Indonesia akan terombang-ambing dengan beban subsidi yang semakin membengkak.

Wapres menyadari penghapusan subsidi tidak hanya bisa dilakukan dalam satu dua tahun, tetapi harus dilakukan secara sistematis dalam beberapa tahun ke depan. Ia berharap ada insentif dan  disinsentif yang ditata menuju clean energy system yang didasarkan pada masterplan jangka menengah dan panjang.(WH)
 
 

UU Minerba Menuai Protes Dalam dan Luar Negeri

Halaman: 
Penulis :