logo


Mau KPR yang Gak Pake Bunga? Ada Kok Nih!

Pengen Kredit Pemilikan Rumah (KPR) tanpa bunga? Ada kok, namanya KPR syariah.

25 Juli 2018 12:15 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. dok. Rumahku.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengen Kredit Pemilikan Rumah (KPR) tanpa bunga? Ada kok, namanya KPR syariah.

Dalam skema pembayaran yang berkonsep syariah, tak dikenal yang namanya bunga atau dianggap riba. Lantas, gimana bank pemberi KPR syariah bisa untung? Kamu masih bingung? Cek artikel di bawah ini ya!

Yang ditransaksikan adalah barang bukan uang.


Serunya Bulan Madu Romantis di Rumah Tuh Bisa Selamanya!

Kalau KPR bank konvensional yang ditransaksikan ke nasabah adalah uang, maka kalau KPR syariah yang ditansaksikan adalah barang, dalam hal ini adalah rumah yang akan kamu beli.

Prinsip dasarnya adalah jual-beli.

Prinsip dasar KPR syariah adalah jual-beli. Dalam transaksi jual-beli ini, bank syariah membeli rumah untuk kamu, lantas menjualnya ke kamu dengan cara dicicil. Meskipun tak memberlakukan bunga, tapi bank syariah tetap mengambil untung dari jual-beli tersebut.

Misalnya, kamu membeli rumah seharga Rp500 juta dan pihak bank syariah mengambil keuntungan Rp100 juta. Maka uang yang harus kamu cicil selama masa pembayaran cicilan (tenor) adalah Rp600 juta, dikurangi uang muka (DP) kalau kamu membayar DP.

Sistemnya berbagi risiko.

Bank syariah menerapkan sistem berbagi risiko.

Mal Bidik Milenial, Awas Bikin Gagal Nyicil Rumah Lho!

Halaman: 
Penulis : Riana