logo


Jonan Usulkan Penyambungan Listrik Baru 450 VA Disubsidi

Sedikitnya ada sekitar 265.000 rumah tangga di Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang tidak bisa menyambung listrik

23 Juli 2018 13:34 WIB

Ilustrasi, petugas memeriksa jaringan listrik.
Ilustrasi, petugas memeriksa jaringan listrik. dok. PLN

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, mengusulkan untuk memasukkan biaya penyambungan listrik baru untuk daya 450 VA dalam subsidi listrik APBN 2019.

Pasalnya, kata dia, sedikitnya ada sekitar 265.000 rumah tangga di Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang tidak bisa menyambung listrik walaupun di wilayah tersebut ada kabel dan tiang listrik. Informasi ini ia peroleh dari Direktur PT PLN (Persero) yang membawahi provinsi DIY.

Jonan memperkirakan, jika semua rumah tangga itu diberikan subsidi akan memakan biaya Rp 265 miliar. Jonan mengusulkan, solusi yang dapat diberikan pemerintah kepada golongan rumah tangga itu adalah dengan memberikan subsidi biaya sambung listrik.


Energi Lokal Harus Jadi Prioritas Pembangkit Listrik

"Saya juga sudah mengusulkan apa subsidinya mau ditambah untuk biaya sambungan listrik golongan rumah tangga R1 450 VA dan R1 900 VA non-rumah tangga Mampu (RTM)," kata Jonan dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Senin (23/7).

Jonan Minta Pembangkit Listrik PLN Pakai Minyak Sawit

Halaman: 
Penulis : Riana