logo


5 Peluang Usaha Kecil yang Menguntungkan di Sekitar Kampus

Kampus yang selalu ramai dipenuhi kalangan akademika menyimpan peluang untuk melakukan kegiatan bisnis

22 Januari 2015 12:13 WIB

Toko Penjilidan dan ATK
Toko Penjilidan dan ATK

JITUNEWS.COM - Kampus, tempat para mahasiswa-mahasiswi kuliah atau melakukan kegiatan akademis pendidikan tinggi mereka. Kampus yang selalu ramai dipenuhi kalangan akademika ini menyimpan peluang besar untuk melakukan kegiatan bisnis yang menguntungkan.

Jika Anda punya rumah atau tanah di sekitar kampus, tak ada salahnya mencoba peruntungan membangun sebuah usaha di sekitar kampus. Lalu bisnis apa yang bisa memberikan keuntungan dan jangka panjang di sekitaran kampus? Berikut ini ulasan singkat mengenai beberapa peluang usaha kecil yang menguntungkan di sekitar kampus :

1. Bisnis Kost-Kostan


Era New Normal, 5 Bisnis ini Berpotensi Berkembang


Bukan tidak mungkin bahwa ada beberapa dari mahasiswa atau mahasiswi datang dari luar daerah atau luar kota untuk kuliah di kampus di sekitar tempat tinggal Anda. Jika kampus itu adalah perguruan tinggi ternama, maka calon mahasiswa dari beberapa daerah luar kota akan banyak berdatangan. Para mahasiswa perantauan ini tentu membutuhkan tempat tinggal selagi mereka menyelesaikan studinya di kampus.

Peluang besar pun otomatis muncul dari bisnis rumah sewa kost (indekos). Anda bisa memulai bisnis kost ini dengan membangun rumah dari tanah yang Anda mililki atau memugar ulang rumah Anda untuk menyesuaikan dengan kebutuhan anak kost.

2. Bisnis Jasa Laundry
Dengan banyaknya kegiatan di kampus, Anak kost tak akan selalu rajin untuk membersihkan sendiri pakaian mereka yang kotor. Maka di sini peluang Anda membuka bisnis jasa laundry (cuci – setrika). Dengan modal beberapa mesin cuci, sabun detergen, pewangi, dan menggaji karyawan, Anda bisa membuka usaha ini di depan rumah Anda.

Asal Anda konsisten, tekun, dan kreati, peluang dari ramainya mahasiswa / mahasiswi yang tinggal di rumah kost tentu akan semakin mempercepat proses BEP (Break Even Point) dan Anda akan segera mendapat keuntungan dari bisnis laundry Anda.

3. Bisnis Rental Komputer dan Printer


Bagi mahasiswa yang hidup di era komputer, tentu mereka akan selalu berhubungan dengan alat yang satu ini. Beberapa tugas yang diberikan dosen, entah itu berupa makalah hingga skripsi tentu membutuhkan alat pengetikan berupa komputer. Maka kesempatan Anda untuk membuka bisnis rental komputer dan printer ini juga terbuka lebar.

Jika Anda memiliki ruang dan dana yang lebih, Anda bisa menambah komponen yaitu beberapa mesin fotocopy dan alat ATK (Alat Tulis Kantor) dalam bisnis rental komputer ini. Hal ini akan mengundang banyak konsumen yang datang dan otomatis akan semakin menambah pendapatan bisnis Anda.

4. Bisnis Fotocopy, Penjilidan dan Toko ATK
Fotocopy, penjilidan, penjualan ATK (Alat Tulis Kantor) dan hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan pembukuan juga sangat memiliki peluang yang cukup baik di sekitar kampus. Dunia pendidikan yang tak bisa dilepaskan dari dunia buku, mau tak mau membutuhkan alat-alat tulis serta jasa fotocopy dan penjilidan.

Untuk mendapatkan harga grosir dari kebutuhan toko ATK dan jasa fotocopy dan penjilidan ini, Anda bisa menjalin kerjasama dengan beberapa distributor seperti agen kertas, buku , alat tulis dan perlengkapan lainnya. Dengan harga grosir dari kerjasama ini, Anda tentu bisa mendapatkan keuntungan tanpa membebani konsumen dengan harga yang tinggi.

5. Bisnis Aneka Kuliner


Bisnis populer dan menguntungkan di sekitaran kampus yang bisa Anda coba selanjutnya adalah bisnis kuliner. Mahasiswa dengan segudang aktivitasnya tentu membutuhkan pasokan energi yang cukup untuk tetap fit. Maka makanan dan segala ‘pernak-perniknya’ akan menjadi pilihan mereka diwaktu senggang dan istirahat.

 Agar pembeli terus datang ke tempat Anda, tentu harus menyajikan kuliner yang menarik dan enak di lidah. Dalam kuliner rasa memang menjadi yang utama. Namun jika banyak pesaing yang bermunculan, tentunya Anda harus memikirkan hal lain agar para pelanggan Anda tak lari ke tempat pesaing , misalnya memberikan pelayanan yang lebih baik.

Era New Normal, Ini Bisnis yang Patut Dilirik

Halaman: 
Penulis : Hasballah