logo


Mendes PDTT Ajak IKA PMII Munculkan Peluang 4 Program Unggulan Desa

Di samping program dana desa, empat program unggulan desa tersebut dikejar untuk mengentaskan kemiskinan dan kesenjangan

21 Juli 2018 14:06 WIB

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, menjadi pembicara dalam acara Musyawarah Nasional ke-6 IKA PMII di Hotel Aston Marina, Jakarta, Jumat (20/7) malam.
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, menjadi pembicara dalam acara Musyawarah Nasional ke-6 IKA PMII di Hotel Aston Marina, Jakarta, Jumat (20/7) malam. ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, mengajak Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) melirik empat program unggulan desa, di antaranya Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades), Embung Desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan Sarana Olahraga Desa.

Hal tersebut disampaikan saat Mendes menjadi pembicara dalam acara Musyawarah Nasional ke-6 IKA PMII di Hotel Aston Marina, Jakarta, Jumat (20/7) malam.

“Saya juga minta IKA PMII membantu. IKA PMII yang menjadi kepala daerah agar mengajukan produk unggulannya untuk dikembangkan dalam program Prukades. Atau IKA PMII ajak kepala daerahnya untuk mengajukan produk unggulannya, nanti kita bantu. Prukades itu penting, kenapa penting? Karena desa yang sukses rata-rata fokus pada satu produk tertentu,” ujar Menteri Eko.

Menteri Eko melanjutkan, Indonesia dalam satu tahun terakhir berhasil menurunkan angka kemiskinan hingga 1,8 juta jiwa. Yang mana 1,2 juta jiwa penurunan angka kemiskinan tersebut berada di desa, berbanding jauh dengan penurunan angka kemiskinan di kota yang berjumlah 560 ribu jiwa.

“Kita juga lihat gini ratio di desa jauh lebih kecil dari kota. Gini ratio di desa 0,324, sementara di kota masih 4, dan gini ratio nasional 0,39,” tambahnya.

Kemendes PDTT Bantu Transmigran Toli-Toli 330 Ekor Sapi

Halaman: 
Penulis : Riana,Marselinus Gunas