logo


TNI Butuh 1,1 Juta Kilo Liter BBM Per Tahun

Militer Butuh 1,1 Juta Kilo Liter BBM Per Tahun

30 April 2014 11:35 WIB


Militer Butuh 1,1 Juta Kilo Liter BBM Per Tahun

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Sebanyak 1,1 juta kilo liter bahan bakar minyak (BBM) dibutuhkan Tentara Nasional Indonesia (TNI) per tahun untuk mengoperasikan seluruh peralatan militer yang dimilikinya seperti kendaraan militer, kapal, dan pesawat.

Hal ini dikatakan Wakil Menteri Pertahanan Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin saat bertemu para Pemimpin Redaksi Media Massa di Jakarta, semalam (29/4/2014).

Dikatakan,  kebutuhan bahan bakar minyak yang besar itu sejalan dengan bertambahnya peralatan militer yang dimiliki oleh TNI. Ia menjelaskan, masalah kebutuhan bahan bakar ini sudah dibahas juga dengan Dewan Energi Nasional.

Sjafrie mengemukakan,  dengan wilayah yang cukup luas dan tantangan yang kian besar dan beragam di masa yang akan datang, Indonesia jelas membutuhkan alat utama sistem pertahanan (alutsista) yang modern.

Karena itu, pihaknya terus melakukan modernisasi peralatan militer Indonesia. “Ini suatu kebutuhan yang harus dilakukan karena wilayah kita sangat luas dan untuk menjaga seluruh wilayah ini diperlukan peralatan yang modern sehingga bisa bergerak dengan cepat,” ujarnya.

Mengenai alokasi anggaran yang disediakan untuk membangun sistem pertahanan modern ini, Sjafrie menjelaskan, rasio anggaran untuk sistem pertahanan ini masih tergolong kecil yakni di bawah 2 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN).  Sebagai informasi, APBN 2014 tercatat  sebesar Rp 1.667 triliun.

Idealnya anggaran sistem pertahanan itu sekitar 2-3 persen dari APBN. Ia berharap, pemerintah yang akan datang bisa meningkatkan rasio anggaran untuk sistem pertahanan hingga mencapai rasio ideal.  
   
 

UU Minerba Menuai Protes Dalam dan Luar Negeri

Halaman: 
Penulis :