logo


Gandeng UNS, Pertamina Akan Jadi Produsen Baterai Kendaraan Listrik

Dengan baterai ini, motor yang berbasis listrik bisa menempuh jarak 80-100 kilometer hanya dengan biaya yang sangat murah, yakni Rp 5 ribu.

16 Juli 2018 11:20 WIB

Dalam rangka mendukung pengembangan energi baru terbarukan, PT Pertamina (Persero) dan Universitas Sebelas Maret (UNS) berhasil memproduksi Lithium Ion Battery (LIB) untuk penggerak motor listrik yang hemat dan murah.
Dalam rangka mendukung pengembangan energi baru terbarukan, PT Pertamina (Persero) dan Universitas Sebelas Maret (UNS) berhasil memproduksi Lithium Ion Battery (LIB) untuk penggerak motor listrik yang hemat dan murah. ist

Sementara itu, Senior Vice President Research & Technology Center, Herutama Trikoranto, mengatakan bahwa Battery Cells hasil kerja sama antara Pertamina dan UNS akan dijadikan battery pack, antara lain ditujukan untuk kendaraan bermotor listrik roda dua.

Baterai ini merupakan pengembangan battery pack yang sebelumnya dibuat bekerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Herutama juga mengungkapkan bahwa satu unit battery pack nanti akan memiliki kapasitas 3 kWh untuk motor listrik dengan kekuatan 5 kW atau lebih kurang setara dengan mesin motor dengan pembakaran internal berkapasitas 125-150 cc.


Soal Dirut Pertamina Baru, Rini Sodorkan Tiga Nama ke Jokowi

“Kekuatan baterai mampu menjangkau jarak jauh. Untuk produksi selanjutnya Baterai lithion ini akan dikirim ke ITS di Surabaya,” pungkasnya.

Dukung Pemerintah, Pertamina Lakukan Ini!

Halaman: 
Penulis : Riana