logo


Partisipasi Masyarakat Sambut Asian Games Rendah, DPR Pertanyakan Kinerja Kemenpora

Tingkat partisipasi masyarakat dalam menyambut Asian Games sangat rendah, padahal pelaksanaan Asian Games tinggal hitungan hari lagi.

13 Juli 2018 14:01 WIB

Pengunjung melintas di dekat pernak-pernik Asian Games 2018 yang terpasang di kawasan Kota Tua, Jakarta, Selasa (5/12).
Pengunjung melintas di dekat pernak-pernik Asian Games 2018 yang terpasang di kawasan Kota Tua, Jakarta, Selasa (5/12). Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih, mempertanyakan kinerja Kemenpora dalam mensosialisasikan perhelatan Asian Games 2018 di masyarakat Indonesia.

Menurutnya, tingkat partisipasi masyarakat dalam menyambut Asian Games sangat rendah, padahal pelaksanaan Asian Games tinggal hitungan hari lagi.

“Sebagai tuan rumah perhelatan olah raga terbesar se-Asia atau Asian Games ini, kita patut tanyakan keberhasilan program Kemenpora dalam memasyarakatkan olah raga,” ujar Fikri di Jakarta, Jumat (13/7).


Ini Nih! Modal Besar Indonesia Untuk Asian Games!

Fikri lantas mengatakan, dari data yang disampaikan oleh BPS menunjukkan hanya 27,6 persen masyarakat di usia 10 tahun ke atas yang rutin berolah raga. Oleh karena itu, Fikri mengaku khawatir dengan rendahnya tingkat partisipasi olah raga di Indonesia. Pasalnya, hal itu dapat menurunkan produktifitas serta kualitas kesehatan masyarakat.

“Saya khawatir fenomena ini mencerminkan kualitas penataan olah raga kita, terutama bagaimana pelaksanaan program sport for all (pembudayaan olah raga untuk semua di Kemenpora),” tuturnya.

Spirit Zohri Picu Prestasi di Asian Games 2018

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Riana