logo


Meski Punya Efek Samping Kentut, Adas Mampu Obati Batu Empedu Lho!

Selain untuk bumbu atau campuran masakan, adas juga digunakan untuk pewangi dalam sabun, detergen, susu, parfu

21 Januari 2015 12:39 WIB

Bagian tanaman adas yang digunakan untuk pengobatan yaitu buah, daun, dan minyaknya. FOTO : ISTIMEWA
Bagian tanaman adas yang digunakan untuk pengobatan yaitu buah, daun, dan minyaknya. FOTO : ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tanaman yang berasal dari Laut Tengah timur (Italia ke timur hingga Suriah) ini telah lama dikenal sebagai salah satu komponen pengobatan tradisional. Minyak adas (Foeniculum vulgare Miller) telah alami digunakan menjadi salah satu komponen minyak telon.

Adas merupakan herba yang berbau harum, berwarna hijau terang, tegak, dan dapat mencapai dua meter tingginya. Daun tumbuh sehingga 40 cm panjang, berbentuk pita, dengan segmen terakhir dalam bentuk rambut, kira-kira selebar 0,5 mm.

Bunga yang dihasilkan di ujung tangkai adalah bunga majemuk yang berdiameter 5 hingga 15cm. Setiap bagian umbel mempunyai 20-50 kuntum bunga kuning yang amat kecil pada pedikel-pedikel yang pendek. Buahnya adalah biji kering dari 4 hingga 9 mm panjang, dengan lebar separuh panjangnya, dan mempunyai alur.  


Salut, Mahasiswa Ini Ciptakan Ramuan Herbal untuk Enyahkan Insomnia!

Pada dasarnya tanaman adas ini banyak sekali manfaatnya untuk kehidupan. Selain untuk bumbu atau campuran masakan, adas juga digunakan untuk pewangi dalam sabun, detergen, susu, parfum, dan pastinya obat.

Bagian tanaman adas yang digunakan untuk pengobatan yaitu buah, daun, dan minyaknya. Untuk mendapatkan minyaknya, buah yang masak dikumpulkan,dijemur sampai kering dan kemudian dilakukan dengan proses penyulingan.

Pemakaian adas untuk pengobatan terkadang menyebabkan sering kentut atau sendawa, hindari penggunaan adas dalam dosis yang besar, dan untuk pengobatan hernia tetap dengan cara operasi (menutup lubang saluran yang ada) karena adas hanya menaikan sementara usus yang turun ke lipat paha.

Berikut ini adalah manfaat herbal tanaman adas:

- Mengobati Batuk

Untuk mengobati batuk siapkan 5 gr serbuk adas, kemudian seduh dengan setengah gelas air mendidih. Setelah dingin disaring dan ditambah 1 sendok madu, aduk dan diminum sekaligus. Lakukan 2 kali  sehari sampai sembuh.

- Mengobati Sesak Nafas

Pertama Ambil minyak adas sebanyak 10 tetes kemudian diseduh dengan air panas satu sendok saja. Minum selagi hangat dan lakukan 3 kali sehari sampai sembuh.

- Mengatasi Batu Empedu

Untuk mengatasi batu empedu cukup siapkan serbuk adas sebanyak 5 gr kemudian seduh dengan segelas air panas.Setelah dingin diminum,lakukan setiap hari. (diolah dari berbagai sumber)

Obat Tetes Mata Herbal dari Bunga Kitolod

Halaman: 
Penulis : Agung Rahmadsyah, Riana