logo


Simak! Pembakaran Sempurna, Kementerian ESDM Produksi Tusina Baraseger

Pembakaran sempurna, inovasi kreatif tepat guna bernama Tusina Baraseger dari Kementerian ESDM siap dipasarkan.

10 Juli 2018 11:32 WIB

esdm.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Inovasi kreatif tepat guna bernama Tusina Baraseger (Tungku Siklon Sederhana Batubara dan Sumber Energi Terbarukan) dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara (Puslitbang tekMIRA), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) efektif digunakan di Industri Kecil Menengah (IKM) sebagai tungku pembakar.

Inovasi itu kini juga mulai dilirik industri pembangkit sebagai pembangkit listrik. Menurut sang peneliti Tusina Baraseger dari TekMIRA, Muhammad Ade Adriansyah Efendi, Teknologi tusina menggunakan pembakaran sempurna sehingga menghasilkan energi yang tinggi.

"Dengan jumlah bahan bakar yang sama dengan yang tungku konvensional, Tusina menghasilkan proses pembakaran yang lebih efektif dan ruang yang lebih kecil," ujar Ade dilansir dari esdm.go.id pada Selasa (10/7).


Kreatif, Ini Tungku Batubara Bikinan Kementerian ESDM yang Dapat Penghargaan

Ade mengungkapkan bahwa tekMIRA telah melakukan pengembangan tungku siklon ini sejak lama, diawali penelitian skala menengah oleh Sumaryono, lalu dikembangkan lagi oleh Ikin Sodikin yang menggabungkan pembakaran antara batubara dengan biomasa.

26 PoD Disetujui, Cadangan Migas Indonesia Bertambah 580 Juta Setara Barel Minyak

Halaman: 
Penulis : Dela Fahriana