logo


Tak Hanya Harum, Bunga Ini Kaya Manfaat Herbal Lho!

Bunga melati kaya akan komponen alam seperti minyak eteris

21 Januari 2015 12:12 WIB

Bagian yang digunakan untuk pengobatan adalah daun, akar dan bunganya. FOTO: ISTIMEWA
Bagian yang digunakan untuk pengobatan adalah daun, akar dan bunganya. FOTO: ISTIMEWA

JAKARTA JITUNEWS.COM - Melati putih (Jasminum sambac) menjadi bunga nasional di Indonesia karena bunga ini melambangkan kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negara ini.

Sebagi “pemanis”, kegunaan tanaman ini sudah bukan rahasia lagi. Namun bagaimana dengan khasiat herbalnya? Rupanya hanya sedikit yang mengetahui manfaat bunga melati untuk kesehatan dan pengobatan tradisional.

Padahal, nenek moyang kita sudah menggunakan khasiat dari bunga melati ini untuk obat tradisional. Diantaranya menghentikan keluarnya ASI berlebihan, obat sakit mata, sakit kepala, demam dan sesak nafas.


Tulsi, si Daun Ajaib untuk Mengobati Keracunan Makanan

Khasiat bunga melati sebagai obat tak lepas dari kandungan senyawa yang ada di dalamnya.  Bunga melati kaya akan komponen alam seperti minyak eteris dan senyawa kimia penting, seperti indole, linalkohol, asetat benzilik, alkohol benzilik, dan jasmon yang bila dimanfaatkan dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Bagian yang digunakan untuk pengobatan adalah daun, akar dan bunganya.

Berikut adalah beberapa manfaat yang dimiliki melati:

  • Melati memiliki sifat antiseptik yang dapat direkomendasikan untuk mengobati segala macam infeksi kulit.
  • Minyak melati dikenal sebagai afrodisiak alami yang sangat kuat sehingga obat herbal ini direkomendasikan untuk meningkatkan libido, dan merangsang dorongan seksual.
  • Minyak bunga melati dapat sangat efektif untuk mengobati ketegangan saraf, apatis, kecemasan, dan gangguan saraf yang lebih serius.
  • Teh melati dikenal sebagai tonik alami yang dapat merangsang semua fungsi sistem tubuh utama dan organ.
  • Melati adalah obat alami yang dapat digunakan untuk merangsang dan meningkatkan fungsi dari sistem pencernaan.
  • Melati dianggap sangat efektif khususnya dalam mengatasi nyeri otot, sendi, dan sakit kepala.
  • Menambahkan minyak melati ke dalam campuran minyak esensial dapat mengobati gejala yang paling umum dari infeksi pernapasan.
  • Melati bisa menjadi alat detoksifikasi aman yang dapat digunakan oleh hampir semua orang untuk menghilangkan racun dan membersihkan tubuh. (diolah dari berbagai sumber)

Salut, Mahasiswa Ini Ciptakan Ramuan Herbal untuk Enyahkan Insomnia!

Halaman: 
Penulis : Agung Rahmadsyah, Riana