logo


Jangan Sepelekan Pelemahan Rupiah, Bamsoet: Kita Harus Bersiap

Bamsoet mengatakan pelemahan nilai rupiah saat ini tidak boleh disepelekan.

2 Juli 2018 22:52 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan Bank Indonesia perlu melakukan langkah yang tak biasa agar rupiah tak tekena imbas lebih jauh dari sentimen eksternal, terutama dari kenaikan suku bunga oleh Bank Central Amerika (The Federal Reserve/The Fed).

Menurutnya meski pelemahan nilai tukar rupiah belum menimbulkan kepanikan di pasar, namun pelemahan ini tidak boleh disepelekan.

"Sampai kapan kita terus dihantui kenaikan suku bunga The Fed? Di masa ekonomi global yang tak pasti ini, tidak ada jaminan The Fed tidak akan menaikan suku bunganya kembali. Kita harus bersiap diri dengan menguatkan ekonomi rakyat, seperti sektor pariwisata dan UMKM yang dapat membentengi kita dari ancaman ekonomi global," ujar Bamsoet saat menerima Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo di Gedung DPR RI, Jakarta, hari ini (2/7).


Bamsoet Apresiasi Penangkapan Jambret Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR

Politisi Golkar ini menegaskan bahwa situasi perlambatan ekonomi Indonesia yang disebabkan gonjang ganjing ekonomi dunia, terutama dengan adanya perang dagang Amerika dengan Tiongkok, tidak hanya harus direspon oleh Bank Indonesia melalui kebijakan moneter saja. Tetapi, juga harus didorong oleh kebijakan fiskal yang dijalankan pemerintah.

Cegah Penularan Penyakit, Bamsoet Minta Kemenkes Lakukan Hal Ini

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Dela Fahriana