logo


Dedi Mulyadi Akui Tagar 2019GantiPresiden Bikin Suaranya Tergerus

#2019Gantipresiden itu sangat mempengaruhi terhadap perolehan suara di pemilihan gubernur Jawa Barat

2 Juli 2018 13:56 WIB

Pasangan Cagub dan Wagub Jabar Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi.
Pasangan Cagub dan Wagub Jabar Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi. Facebook Demiz Jabar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi mengatakan bahwa tagar #2019GantiPresiden adalah salah satu faktor penyebab jumlah perolehan suaranya merosot di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat 2018

Berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) sejumlah lembaga survei, perolehan suara pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi berada di urutan ketiga, di bawah pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dan Sudrajat-Syaikhu.

“Saya sudah sampaikan bahwa #2019Gantipresiden itu sangat mempengaruhi terhadap perolehan suara di pemilihan gubernur Jawa Barat,” ujar Dedi Mulyadi di DPP Partai Golkar, Jakarta, Senin (2/7).


Survei Puskopi: Pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu Bakal Memenangkan Pilkada Jabar

Terlebih dengan adanya adanya aksi paslon Sudrajat - Ahmad Syaikhu (Asyik) yang menggunakan dan memamerkan baju #2019GantiPresiden saat debat publik kedua Pilgub Jabar, maka hal tersebut makin mempengaruhi perolehan suara yang didapatnya di Pilkada Jabar.

Dalam hal ini, Deddy menilai bahwa pasangan Asyik sebelumnya tidak memiliki elektabilitas yang baik dan popularitasnya juga sangat rendah namun akibat tagar #2019GantiPresiden yang dibawanya saat debat publik maka membuat elektabilitas keduanya semakin meningkat.

“Bayangkan, mohon maaf ya paslon yang sebelumnya tidak dianggap punya elektabilitas yang baik, tidak punya popularitas yang cukup tinggi dalam waktu cepat mengalami perubahan. ini yang pertama kali di Indonesia. itu tidak main-main,” tuturnya.

“Jadi, itu (#2019GantiPresdien) sangat mempengaruhi. Itu membuat gelombang yang menolak presiden Pak Jokowi 2019 atau #Gantipresiden jadi bersatu. Berkumpul pada salah satu paslon yaitu paslon nomer tiga,” pungkasnya.

Pilkada Serentak 2018: Paslon Asyik Unggul di Jabar Versi Survei Exit Poll LKPI

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Vicky Anggriawan