logo


Cantiknya Pesona Tanaman Hias Bunga Tasbih

Bunga tasbih adalah tanaman hias sejenis perdu dengan tinggi kurang dari 2 meter

20 Januari 2015 14:01 WIB

Bunga Tasbih
Bunga Tasbih

JITUNEWS.COM - Mungkin jika disebutkan nama ini, banyak yang menggeleng, karena namanya terkesan kampungan. Bunga ganyong. Bagi masyarakat Jawa, bunga ganyong telah lama dikenal. Tapi mungkin kurang bagi masyarakat lainnya. Tapi coba sebut bunga kana atau bunga tasbih. Banyak yang mengenal tanaman hias ini.

Selama ini memang bunga tasbih atau kana ataupun ganyong, hanya dimanfaatkan sebagai tanaman penghijauan di punggir jalan. Tapi bunga tasbih ini juga mudah ditemukan tumbuh liar di dalam hutan. Meski demikian, bunga yang dihasilkan tanaman hias ini sangat mempesona.

Bunga tasbih (Canna indica Linn) adalah tanaman hias sejenis perdu dengan tinggi kurang dari 2 meter. Tanaman ini mempunyai rimpang seperti umbi, berdaun besar berwarna hijau dengan bunga berwarna cerah seperti merah, kuning dan merah muda. Bunga tersusun dalam bentuk tandan. Bunga tasbih ini mempunyai pesona yang kuat, sehingga sangat bagus sebagai pemanis di taman rumah. Meskipun berbunga, tanaman ini tidak menghasilkan biji.


5 Tanaman Ruangan Tren 2018 untuk Rumahmu, Tengok Yuk!

Perbanyakan tanaman dilakukan dengan menggunakan bonggol tanaman tersebut. Caranya cukuip mudah. Cukup cabut bonggol bunga tasbih, kemudian pisahkan. Masing-masing bonggo kemudian ditanam di tempat yang terpisah. Jika tempat tanam merupakan daerah terbuka dengan tanah yang lembab berair, maka bunga tasbih tersebut akan tumbuh berkembang.

Asal bunga kana atau bunga tasbih ini adalah daerah tropis Amerika. Tumbuh baik dari dataran rendah hingga ketinggian 1000 m dpl. Bunga Kana menyukai sinar matahari dan tanah yang lembap kearah basah. Di Indonesia, bunga kana atau bunga tasbih ini  ditanam sebagai tanaman hias di pinggiran kolam ataupun taman.

Selain sebagai tanaman hias, bunga tasbih ini juga mempunyai manfaat lain. Di Australia, rimpang bunga tasbih dimanfaatkan dengan diambil tepungnya, yang dikenal sebagai arrowroot of Queensland. Rimpang mempunyai rasa manis dan terasa sejuk. Hal ini dimanfaatkan sebagai pereda dema, penyejuk, peluruh kencing dan penurun tekanan darah.

Bunga tasbih bersifat hemostatis, artinya mampu mempertahankan tekanan darah tetap stabil. Rimpang bunga tasbih juga mempunyai khasiat untuk mengatasi keputihan. Bahkan menurut beberapa hebalis, rimpang bunga tasbih lebih baik dari daun sirih dalam mengatasi keputihan tersebut. Nah bagaimana, tertarik menanam bunga tasbih atau bunga kana yang penuh pesona ini?

Kembali Jadi Primadona, Yuk Kenali Manfaat Tersembunyi dari Aglaonema

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Hasballah
 
×
×