logo


Mentan Masih Optimis Target Swasembada Pangan Tercapai

Khusus alat dan mesin pertanian, tingkat kehilangan hasil di pasca panen pertanian mencapai 10,2%

20 Januari 2015 13:49 WIB

Menteri Pertanian Amran Sulaiman
Menteri Pertanian Amran Sulaiman

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Pertanian (Kementan) merasa optimis bisa mencapai target swasembada pangan dalam waktu tiga tahun, bahkan semangat yang ada di internal Kementan saat ini menunnjukkan target tersebut akan dapat dicapai kurang dari tiga tahun.

Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman mengatakan, pihaknya telah melakukan identifikasi permasalahan terkait produktifitas, yaitu irigasi, benih, pupuk dan alat mesin pertanian.

Mentan mengatakan, khusus alat dan mesin pertanian, tingkat kehilangan hasil di pasca panen pertanian mencapai 10,2%, sehingga bisa mengakibatkan kehilangan 1,5 - 2 juta ton di lapangan. “Kalau misalnya kita memberikan combine harvester ke petani, bisa mengurangi hal ini,” ujar Mentan.


Pertanian 4.0: Sudah Siapkah Indonesia ?

Dalam mendukung upaya ini, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) juga telah menghasilkan combine harvester yang merupakan mesin pemanen padi yang dirancang khusus untuk kondisi tanah sawah di Indonesia. Keunggulan dari mesin ini memiliki gaya tekan yang lebih rendah, yaitu sebesar 0,13 kg/cm2 dibandingkan dengan mesin-mesin yang ada di pasaran sebesar 0,20 kg/cm2.

Mentan juga menyampaikan, bahwa sukses swasembada pangan khususnya padi, jagung dan kedelai akan ditentukan oleh kinerja Direktorat Jenderal Tanaman Pangan. Presiden Jokowi telah menetapkan agar swasembada pangan khususnya tiga komoditas diatas dapat dicapai dalam tiga tahun.

“Ada pihak yang meragukan pencapaian tersebut, kita harus hadapi pandangan itu dengan semangat kerja dan optimisme yang tinggi,” tutup Mentan.

 

Rayakan Natal Bersama ASN, Mentan Ajak Jadi Pelopor Pembangunan Pertanian

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin, Ali Hamid