logo


Yuk Jadi Manusia yang Lebih Sehat, Kuat, dan Berkualitas Bersama KOI

Bertujuan untuk mengarahkan masyarakat ke gaya hidup sehat terutama dari segi konsumsi makanan

20 Januari 2015 09:07 WIB

Kegiatan KOI di Lippo Puri Mal, Jakarta Barat (dok. KOI)
Kegiatan KOI di Lippo Puri Mal, Jakarta Barat (dok. KOI)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Lebih sehat, kuat, dan berkualitas, mungkin istilah tersebut memang layak disematkan dalam tubuh Komunitas Organik Indonesia. Pasalnya, komunitas ini dibentuk karena adanya keprihatinan para pendirinya terhadap penggunaan bahan kimia, terutama di bidang pertanian yang merupakan sektor pangan utama di Indonesia.

Yang mana penggunaan bahan kimia tersebut pada akhirnya akan mencemari tanah dan air, sehingga berdampak negatif dengan konsumsi manusia. Menurut sejarahnya, komunitas yang juga akrab disapa KOI ini, dibentuk atas gagasan dari lima owner UMKM. Yakni owner dari Pronic Indonesia, Dapur Manado, Mahkota Dewa, Equil Mineral Water, dan Healthy Choice.

Ditemui jitunews.com pada Jumat (16/1) di Bentara Budaya Jakarta, Christopher Emille Jayanata salah seorang penggagas KOI yang juga owner dari Pronic Indonesia menuturkan, komunitas ini dibentuk sekitar tahun 2007, dengan tujuan mengarahkan masyarakat ke gaya hidup sehat terutama dari segi konsumsi makanan.


Gak Punya Kebun buat Salurkan Hobi? Yuk Gabung Komunitas Ini...

"Bagi saya, pengertian organik itu mengacu pada sesuatu yang diciptakan oleh Tuhan. Mulai dari hati, pikiran, hingga alam. Sehingga pada akhirnya nanti terciptalah manusia yang lebih sehat, kuat, dan berkualitas," tambah pria yang akrab disapa Emille ini.

Demi mewujudkan tujuannya, pada tahun 2007 para penggagas KOI mulai membuat fanpage di Facebook. Dari fanpage tersebut, terciptalah sebuah acara berbasis edukasi tentang berbagai hal organik menyehatkan, yang dihadiri sekira 20-30 orang peserta.

"Selain sebagai ajang promosi produk, acara tersebut juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya gaya hidup sehat yang belum terkontaminasi oleh zat kimia," jelas Emille.  

Seiring berjalannya waktu, gaung KOI pun semakin bergema. Kini KOI sudah memiiki anggota sekira 168 orang yang rata-rata merupakan UMKM yang menghasilkan produk-produk organik. Seperti sayuran, sabun mandi, buah-buahan, seafood, hingga cream kulit yang semuanya berbahan dasar organik. Bahkan, KOI sudah memiliki chapter di Yogyakarta yang terdiri dari 22 orang anggota.

Tak hanya itu, antusiasme masyarakat yang semakin tinggi dengan hidup sehat, rupanya turut menyemarakkan berbagai event pameran yang dibuat oleh KOI. Bahkan, baru-baru ini KOI menyelenggarakan pameran lagi yang berjudul Weekend Organic Market, yang berlangsung di Lippo Mal PUri, Kembangan-Jakarta Barat.

Karena terdiri dari para anggota yang merupakan UMKM, komunitas ini secara tak langsung juga memiliki fungsi sebagai market place. Dimana para anggota yang tergabung di dalamnya dapat dengan mudah mempromosikan produknya. Tentunya, produk-produk yang ditawarkan adalah produk organik yang terbebas dari zat kimiawi yang berbahaya.

Bagi Anda yang ingin hidup sehat, rasanya bergabung dengan komunitas ini merupakan solusi jitu, apalagi bagi Anda yang juga memiliki usaha berbasis organik. Sebabnya, selain bisa mendapatkan produk-produk organik yang bebas dari zat kimia, Anda juga bisa saling sharing dan menambah informasi seputar hidup sehat, serta mempromosikan produk Anda.

"KOI dengan tangan terbuka menerima siapa saja yang ingin bergabung. Caranya mudah kok, langsung saja registrasi di www.komunitasorganikindonesia.org. Di web tersebut juga tercantum agenda dan jadwal kegiatan KOI. Ayo jadi manusia  yang lebih sehat, kuat, dan berkualitas," tutup Emille seraya tersenyum.      

Yuk Intip Serunya Kegiatan Penggemar Si Kumis...

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Hasballah
 
×
×