logo


2 Cara Jitu Basmi Hama Ngengat

Ngengat menjadi salah satu musuh utama para petani, untuk itu perlu dibasmi

19 Januari 2015 15:33 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Hama merupakan musuh utama bagi para petani, baik itu petani beras, jagung maupun komoditas lainnya. Umumnya, ada dua cara pengendalian ngengat secara sederhana yang sering digunakan oleh para petani.

Cara yang pertama, biasanya para petani menggunakan perangkap lampu pada malam hari. Cara kerja perangkap ini yaitu dengan memanfaatkan sifat ngengat yang aktif pada malam hari. Cahaya dari lampu dapat menarik minat si ngengat untuk mendekat, karena sejatinya ngengat penggerek batang padi mudah tertarik dengan cahaya. Perangkap ini dapat dinyalakan mulai dari jam 6 sore, perangkap lampu bisa menggunakan lampu listrik yang dibawahnya diberi corong perangkap plastik.

Untuk cara membuatnya pun cukup mudah dan murah, pertama kita membutuhkan lampu (100 watt) atau bisa juga menggunakan lampu emergency, kabel listrik, penutup lampu, tiang dari kayu atau bambu (± 2 m), corong dimater 30-50 cm dan kantong plastik.


Appsindo: Kehadiran TTI Belum Mampu Stabilkan Harga Pangan

Hama yang mendekat dan menabrak lampu akan jatuh ke corong. Corong yang bagian bawahnya bolong dan tersambung dengan kantong plastik akan menangkap hama. Hama yang sudah masuk ke kantong plastik akan terperangkap dan sulit keluar.

Perangkap lampu dapat diletakkan dipinggir pematang sawah atau menyesuaikan dengan sumber aliran listrik yang tersedia. Satu lampu perangkap dapat digunakan untuk pengendalian sawah seluas 50 ha. Hama yang tertangkap selain dapat untuk mengurangi jumlah serangan dapat juga digunakan sebagai indikator populasi dari berbagai jenis hama lain misalnya hama wereng, sehingga antisipasi serangan dapat dipersiapkan sebelumnya.

Lampu perangkap dapat dipasang sejak pengolahan lahan untuk mengontrol perkembangan hama. Penyemaian dapat dilakukan pada dua minggu setelah puncak penangkapan dan sebagai pencegahan lakukan penyemprotan insektisida setelah empat hari penangkapan.

Cara yang kedua untuk menghadapi hama ialah perangkap hormon kawin (sexferomon). Prinsip dari perangkap ini yaitu menggunakan sexferomon atau hormon wangi dari ngengat betina yang merangsang ngengat jantan mendekat. Hormon diletakkan di botol yang berisi deterjen. Saat ngengat mendekat, maka ngengat tersebut akan terjebak di dalam botol yang berisi deterjen tersebut.

Bahan dan peralatan perangkap hormon ini juga mudah dibuat, yaitu tiang penyangga dari kayu atau bambu (± 2 m), botol air plastik ukuran 2 liter, tali dan hormon sexferomon. Perhatikan contoh gambar untuk membuat perangkap. Tiang perangkap sama halnya dengan tiang perangkap menggunakan cahaya dibuat siku untuk menggantung botol yang berisi perangkap sexferomon. Botol plastik dilubangi pada bagian tengah.

Pengamat Sebut Sinkronisasi Penerapan Teknologi Pertanian Butuh Waktu 15 Tahun

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin,
 
×
×