logo


Siap Mau Mudik? Ini Tips Mencegah Si Kecil Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan umumnya disebabkan karena otak menerima informasi yang tidak cocok dari telinga, mata dan saraf secara ekstrem

5 Juni 2018 20:15 WIB

ilustrasi anak mabuk perjalanan
ilustrasi anak mabuk perjalanan Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mabuk perjalanan bisa terjadi oleh siapa saja, termasuk pada anak-anak. Kondisi ini umumnya disebabkan karena otak menerima informasi yang tidak cocok dari telinga, mata dan saraf secara ekstrem. Oleh karena itu, ia akan mengalami gangguan pada perut, kelelahan hingga muntah.

Dilansir dari Essential Kids, dokter layanan primer di Mayo Clinic Health System, Jodi Bresca, MD menjelaskan, mabuk perjalanan bisa terjadi pada anak usia dua sampai 12 tahun. Untuk mencegah mabuk, Bresca menyarankan para orang tua untuk mengurangi stimulasi motorik selama perjalanan.

"Tidak memberikan film dan membaca buku untuk anak. Selama melakukan perjalanan, sebaiknya fokus pada hal-hal di luar kendaraan. Orang tua bisa mengajak anak melakukan kegiatan menyenangkan. Seperti bermain tebak-tebakan, mengobrol, bernyanyi bersama dan mendengarkan musik," papar Bresca.


Tak Hanya Bikin Tidur Nyenyak, Ini Manfaat Lain Jika Tidur Tanpa Celana Dalam

Selain itu, pastikan sirkulasi udara di dalam mobil dalam keadaan yang baik. Hindari aroma tidak sedap pada mobil yang bisa menyebabkan pusing, mual hingga muntah

Aman dan Bagus, Ini 7 Rekomendasi Merk Essential Oil Terbaik!

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata