logo


2 Cara Jitu Turunkan Harga Sembako

Pemerintah pusat harus bisa mengontrol dan bekerjasama dengan pemerintah daerah

19 Januari 2015 11:33 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Aviliani mengungkapkan, harga barang-barang yang sempat meroket tak akan turun lagi.

"Harga-harga yang sudah naik, tak bisa turun lagi," ungkap Aviliani kepada wartawan, Jakarta (18/01/2014).

Aviliani mengatakan, untuk menjaga stabilitas di lapangan, pemerintah harus melakukan dua hal yaitu membiasakan masyarakat serta mengontrol harga agar tak terus merangkak naik.


Harga Bawang Putih Melonjak, Pengamat: Pemerintah Atur Proses Impor Bawang Putih

Untuk mengontrol harga terutama bahan-bahan pokok, pemerintah pusat harus berbagi tugas dengan pemerintah daerah. Hal tersebut dikarenakan daya jangkau pemerintah daerah dalam pengelolaan jauh lebih mendalam ketimbang pusat. "Selama ini inflasi ditanggung pusat, sebaiknya dibagi dengan daerah," ujar Aviliani.

Dalam hal pengembangan potensi, lanjut Aviliani, pemerintah pusat disarankan untuk memberi dana lebih ke pemerintah. Menurutnya, masing-masing area diharapkan dapat menyelesaikan perluasan tanah untuk lahan swasembada guna meningkatkan produksi bahan pangan.

Selain itu, mereka juga harus membantu pembiayaan distribusi agar harga tak melambung terus menerus. Tak hanya, pemerintah juga harus membuat keran impor menjadi satu pintu agar pemerintah dapat mengontrol sepenuhnya stok barang yang ada. "Akses ke swasta harus diperdalam. Supaya mereka tak bisa seenaknya mempermainkan harga," tutup Aviliani.

Polisi Bongkar Penimbunan Beras dan Sembako di Kemayoran, Ini Modusnya

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin,
 
×
×