logo


Diperbarui, Cek 5 Hal Baru dalam Pelayanan Haji 2018

Ada sejumlah pembaruan dari Kemenag untuk meningkatkan pelayanan kepada jamaah haji di tahun 2018.

28 Mei 2018 12:31 WIB

Ibadah Haji.
Ibadah Haji. shutterstock

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kemenag melakukan beberapa pembaruan guna meningkatkan pelayanan kepada jamaah haji di tahun 2018. Dilansir dari detik.com, setidaknya ada lima hal baru yang dilakukan Kemenag.

Yang pertama terkait administrasi di embarkasi. Calon jamaah haji di Indonesia kini tak lagi harus mengantre berjam-jam untuk mengurus administrasi imigrasi setibanya di bandara Jeddah maupun bandara Madinah. Proses pengambilan data 10 sidik jari dan biometrik kini bisa dilakukan di asrama haji sehingga efisien waktu.

Selain itu, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Nizar Ali juga menyampaikan beberapa hal baru yang akan dirasakan jemaah haji 2018 nanti.


Kuota Jemaah Haji Indonesia Bertambah, Lukman Hakim Punya Pesan untuk Para Petugas Haji

Kemenag menambah porsi makan untuk jamaah selama di Makkah. Jatah makan jemaah selama berada di Makkah ditambah 15 kali. Jika pada tahun 2017 jatah makan jemaah haji sebanyak 25 kali, kini menjadi total 40 kali makan.

Ketiga, menempatkan seluruh jamaah yang berada di Madinah di zona terdekat dengan Masjib Nabawi yakni area Markaziyah. Area Markaziya berada di radius 650 meter dari Masjib Nabawi.

Muhammadiyah: Biar Kemenag dan MUI Berdialog Soal Polemik 200 Mubalig

Halaman: 
Penulis : Dela Fahriana