logo


Jangan Kemenag yang Keluarkan Daftar Mubalig, Tapi Lembaga Ini

Rekomendasi daftar mubalig tersebut tak perlu dilakukan Kemenag. Kebijakan itu, kata dia, seharusnya dikeluarkan oleh MUI yang menggandeng universitas Islam.

25 Mei 2018 20:17 WIB

Azyumardi Azra.
Azyumardi Azra. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Agama telah merilis daftar 200 nama mubalig yang layak menjadi penceramah. yang sudah diseleksi. Hal itu menuai kontroversi di tengah masyarakat. Tidak sedikit yang keberatan dengan kebijakan itu.

Menjawab kontroversi itu, Kemenag mengaku proses seleksi para mubalig yang dirilis itu telah melibatkan organisasi keagamaan seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah serta Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Guru besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Azyumardi Azra, menilai rekomendasi daftar mubalig tersebut tak perlu dilakukan Kemenag. Kebijakan itu, kata dia, seharusnya dikeluarkan oleh MUI yang menggandeng universitas Islam.


Banyak Kritikan, Ternyata Ini Alasan Kemenag Keluarkan Daftar 200 Mubalig

"Jangan Kemenag tetapi MUI atau ormas Islam, bekerja sama dengan universitas Islam sehingga bisa dipertanggungjawabkan secara akademis," terang Azyumardi di Hotel Cemara, Jakarta Pusat, Jumat (25/5) setelah diskusi 'Peran Pemerintah dan Pesantren dalam Penanggulangan Ekstremisme/ Terorisme'.

JK: Seperti Dokter, Mubalig yang Melanggar Kode Etik Akan Dihukum

Halaman: 
Penulis : Marselinus Gunas