•  

logo


UU Terorisme Disahkan, Bagaimana Peran TNI?

Berdasarkan UU, TNI tetap berperan dalam penanggulangan terorisme dengan syarat tertentu.

25 Mei 2018 14:53 WIB

Prajurit Kopassus TNI AD mengikuti defile saat Upacara Perayaan HUT ke-72 TNI di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten (5/10).
Prajurit Kopassus TNI AD mengikuti defile saat Upacara Perayaan HUT ke-72 TNI di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten (5/10). Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - DPR RI akhirnya mengesahkan UU Penanggulangan Terorisme hari ini, Jumat (25/5). Keterlibatan TNI pun turut diatur dengan memenuhi beberapa persyaratan.

“Kami DPR RI mengamanatkan tiga hal dalam pelibatan TNI, yang pertama penyusunan Perpres untuk melibatkan TNI dalam memberantas tindak pidana terorisme harus mengacu pada UU No 34 Tahun 2004 tentang TNI dan UU No 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara,” ujar M Syafii, Ketua Pansus RUU Antiterorisme dari Fraksi Partai Gerindra.

Baca juga: Kapan SBY dan Prabowo Bertemu? Cek Jawabannya di Sini!


UU Terorisme Disahkan, Yasonna Haturkan Terima Kasih Kepada DPR

Meski pelibatan TNI secara detail bakal diatur dalam Perpres, dalam UU disebutkan bahwa presiden tetap harus berkomunikasi dengan DPR dalam penyusunannya.

“Penyusunan Perpres maksimal harus selesai setahun setelah RUU Antiterorisme disahkan menjadi Undang-Undang. Ini adalah upaya total kita melawan terorisme,” tegasnya.

UU Terorisme Sudah Disahkan, Bamsoet: Jangan Lagi DPR Dijadikan Kambing Hitam

Halaman: 
Penulis : De Sukmono