logo


PLN Maluku Papua Gandeng Mahasiswa Pencinta Alam dan TNI, Buat Apa?

PLN menggandeng Mapala dari lima universitas negeri

23 Mei 2018 17:15 WIB

Ilustrasi, petugas memeriksa jaringan listrik.
Ilustrasi, petugas memeriksa jaringan listrik. dok. PLN

Rofik menjelaskan, nantinya, Mapala tersebut akan diajak untuk memetakan pembangunan pembangkit listrik, menggunakan sumber energi yang sesuai‎ dengan potensi yang ada di masing-masing wilayah. Dengan begitu, pembangkitan listrik akan lebih efisien.

"Memanfaatkan sumber daya lokal, kita manfaatkan karena kita terbatas sumber daya manusianya mengidentifikasi itu. Apakah ada sungai atau tidak, pilihan terakhir diesel," papar dia.

Sementara itu, untuk TNI, kata Rofik, bertugas untuk pengawalan dan mobilisasi di pulau terluar dan terdepan, serta untuk membangun konstruksi‎ jaringan kelistrikan oleh Satuan Zeni TNI.


Cek, Ini Alasan PLN Tak Akan Naikan Tarif Listrik Meski Harga Minyak Meroket

"Karena daerah sulit kita koordinasi dengan TNI, karena ada pulau terluar kita koordinasi dengan Lantamal. Kita butuh juga kontraktor yang banyak kita butuh bantuan Zeni membuat jaringan di pelosok desa. Ini dalam rangka melistriki daerah 3T," ujarnya.

Ia lantas mengungkapkan, kerja sama tersebut akan tertuang dalam nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dan dieksekusi pada tahun ini.

‎"Kami bersama -sama mengidentifikasi data desa di sana nanti cocoknya tipenya seperti apa, koordinasi sudah kita mulai MOU tahun ini," tuntasnya.

KESDM Ingin Harga Minyak Indonesia Dekati Harga Brent

Halaman: 
Penulis : Riana