logo


Blockchain Zoo: Teknologi Blockchain Dapat Mendukung Bidang Accounting

Dalam pemanfaatan teknologi ini, tidak perlu lagi menggunakan layanan server dari pihak ketiga karena blockchain bersifat desentralisasi.

4 Mei 2018 13:56 WIB

Chairwoman of the Board of Directors Blockchain Zoo, Pandu Sastrowardoyo
Chairwoman of the Board of Directors Blockchain Zoo, Pandu Sastrowardoyo Jitunews/Riana

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Teknologi blockchain dinilai sebagai suatu hal yang tidak bisa dihindari. Terlebih, teknologi ini menjanjikan efisiensi dan transparansi, sehingga memberikan dampak positif terhadap berbagai sektor, tak terkecuali sektor keuangan yang mencakup bidang accounting alias akuntansi di dalamnya.

Bekerjasama dengan Binus University International, Blockchain Zoo, sebagai perusahaan konsultan IT berbasis blockchain, pun turut berpartisipasi dalam acara bertajuk "Digital Transformation and The Future of Accountant " di CGV Blitz Pacific Place, Jakarta Selatan pada Kamis (3/5) kemarin.

Pada workshop tersebut, Chairwoman of the Board of Directors Blockchain Zoo, Pandu Sastrowardoyo, mengatakan, pihaknya akan memaparkan secara komperhensif mengenai konsep blockchain yang dapat mendukung bidang accounting yang tentunya bisa membuat semakin efisien, aman dan menguntungkan.


Rumah123 Pakai Teknologi Eye-Tracking, V Town: Jadi Tau Market!

“Sebenarnya blockchain itu fokusnya dibanyak industri, kali ini saya akan beberkan fokus blockchain untuk bantu akuntansi. Sebagaimana diketahui, dalam accounting itu sangat penting hubungannya dengan yang namanya identitas data. Karenanya, agar tidak ada penyelewengan data, teknologi blockchain ini dibutuhkan. Tak hanya itu, selain lebih cepat daripada sistem yang ada, blockchain juga memungkinkan transparansi dalam akuntansi karena setiap transaksi ditangkap secara real time,” papar Pandu saat ditemui Jitunews.com, di Jakarta, Kamis (3/5).

“Ada banyak sekali yang bisa dilakukan blockchain dalam akuntansi. Akuntansi itu kan berhubungan sama complience dan identitas. Kalau soal perhitungan kita gak masuk, karena perhitungan itu adalah bagian matematikanya lah, nah kalau soal complience dan identity management itu blockchain bisa bantu,” tambah Pandu.

Direstui OJK, Blockchain Zoo Optimis 'Populerkan' Blockchain di Indonesia

Halaman: 
Penulis : Riana