logo


Teknik Jitu Budidaya si Mentega Tropis, Bisbul

Bisbul dapat tumbuh baik di daerah yang beriklim muson, mulai dari 0 sampai 800 mdpl, dan pada hampir segala t

15 Januari 2015 10:59 WIB

Bisbul biasanya diperbanyak dengan benih yang memerlukan waktu 24 hari untuk berkecambah. FOTO : ISTIMEWA
Bisbul biasanya diperbanyak dengan benih yang memerlukan waktu 24 hari untuk berkecambah. FOTO : ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Buah bisbul sering juga disebut sebagai buah mentega, buah lemak dalam bahasa Melayu, sembolo dalam Bahasa Jawa. Buah bisbul merupakan kerabat dari buah kesemek, masing-masing buah ini memiliki kemiripan satu dengan yang lainnya. Buah bisbul dapat dimakan langsung sebagai buah segar ketika buah ini telah masak. Selain itu, buah bisbul dapat juga digunakan sebagai campuran dalam rujak.

Bisbul dapat tumbuh baik di daerah yang beriklim muson, mulai dari 0 sampai 800 mdpl, dan pada hampir segala tipe tanah. Penting untuk diketahui bahwa bisbul sangat tahan terhadap angin topan. Bisbul biasanya diperbanyak dengan benih yang memerlukan waktu 24 hari untuk berkecambah. Juga dapat diperbanyak secara vegetatif dengan cangkokan, sambungan mata, atau sambungan pucuk.

Cara terakhir ini dipraktekkan secara komersial di Filipina. Pada sambungan celah digunakan batang bawah bibit yang berumur 1 tahun. Batang atasnya diperoleh dari cabang dewasa yang tumbuh pada musim terakhir, yang memiliki kuncup ujung yang tumbuh balk, dipotong sepanjang 10-12 cm.


Bali Bakal Menggelar Festival Manggis, Catat Tanggal Mainnya Ya!

Anakan pohon yang berasal dari sambungan dapat ditanam di lapangan dengan jarak tanam 810 m, pada awal musim hujan. Pohon yang berasal dari semai ditanam di sepanjang jalan dengan jarak tanam 10-15 m.

Setelah tanaman tumbuh dengan baik di lapangan, pohon bisbul hampir tidak memperoleh perawatan apa pun. Tunas-tunas liar dan cabang-cabang yang bertumpang-tindih seringkali dipangkas; begitu pula cabang-cabangnya yang menyentuh tanah.

Buah bisbul dianggap matang jika telah berubah dari coklat kehijau-hijauan menjadi merah kusam. Setelah dipanen buah bisbul dilap dengan secarik kain untuk menghilangkan bulu-bulunya agar penampilannya lebih menarik. Dalam 3-4 hari buah menjadi lunak dan harum baunya.

 

 

 

 

 

 

Ini Penyebab Sayuran Organik Berbentuk ‘Tak Sempurna’

Halaman: 
Penulis : Agung Rahmadsyah, Riana