logo


Menko Polhukam Siapkan 8 Nama Calon Pengganti Budi Gunawan

Presiden Joko Widodo yang memutuskan sendiri apakah akan menarik atau meneruskan nama Komjen Pol Budi Gunawan

14 Januari 2015 16:25 WIB

Calon Kapolri Komjen Budi Gunawan
Calon Kapolri Komjen Budi Gunawan

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Tedjo Edhy Purdjiatno telah menyiapkan 8 nama lain pengganti pencalonan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai calon Kapolri. Kedepalapan calon itu merupakan perwira Polri bintang tiga yang saat ini masih aktif.

"Kalau beliau (Presiden-red) minta calon pengganti ya kita akan ajukan nama-nama calon penggantinya," ujar Tedjo di komplek Istana Presiden, Jakarta, Rabu (14/1).

Tedjo mengatakan, nantinya Presiden Joko Widodo yang akan memutuskan sendiri apakah akan menarik nama Komjen Pol Budi Gunawan dari pencalonan Kapolri atau melanjutkan proses pemilihannya.


FS Jadi Tersangka, Politikus PKB: Tidak Ada yang Kebal Hukum

Tedjo hanya akan memberi pertimbangan-pertimbangan kepada Presiden perihal persoalan itu. Dua skenario telah dibuat olehnya yaitu tetap melanjutkan pencalonan Budi Gunawan atau mengganti nama calon Kapolri kepada DPR RI.

"Yang akan menggambil keputusan apakah akan mengganti atau tetap melanjutkan tahapan calon kapolri adalah Presiden. Kami hanya pada posisi minta saran pertimbangan dari presiden," imbuhnya.

Seperti diketahui, baru saja Komisi III meloloskan pencalonan Komjen Pol Budi Gunawan dari tahapan fit and proper test. Esok (15/1) rencananya DPR akan melakukan Sidang Paripurna, dalam sidang itu akan ditentukan nasib Komjen Pol Budi Gunawan apakah tetap dilanjutkan pencalonannya ataukah ditolak oleh DPR.

Apresiasi Kapolri dalam Kasus Brigadir J, Kompolnas: Polri Pintar

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan, Ali Hamid