logo


Wanita Tani Indonesia HKTI Komitmen Perkuat Ekonomi Pedesaan di Bidang Pangan

Sharmila berharap ada sinergi antara Kementerian BUMN, Kementan, dan DPR RI, dengan KWT binaannya.

26 April 2018 20:18 WIB

Ketua Bidang Ekonomi dan Koperasi Wanita Tani Indonesia, Ir. Sharmila, M.Si (kedua dari kanan) bersama Ketua Umum Wanita Tani Indonesia, Onny Jafar Hafsah (kedua dari kiri), usai diskusi "Peluang dan Tantangan usaha Pangan di Lingkungan Wanita Tani Pedesaan" di selasar Gedung Nusantara 2, DPR-RI Senayan, Kamis (26/4).
Ketua Bidang Ekonomi dan Koperasi Wanita Tani Indonesia, Ir. Sharmila, M.Si (kedua dari kanan) bersama Ketua Umum Wanita Tani Indonesia, Onny Jafar Hafsah (kedua dari kiri), usai diskusi "Peluang dan Tantangan usaha Pangan di Lingkungan Wanita Tani Pedesaan" di selasar Gedung Nusantara 2, DPR-RI Senayan, Kamis (26/4). Jitunews/Riana

Lebih jauh, Sharmila menegaskan bahwa pihaknya, sebagai pengurus Wanita Tani Indonesia HKTI, akan terus berkomitmen melakukan pendampingan kepada tiap anggota binaannya.

“Sebagaimana diketahui, kekuatan saya di koperasi, kelompok-kelompok kecil ini gak bisa dibiarkan sendiri. Gak bisa kita lakukan pembiaran. Mereka menguruskan dari A sampai Z, gak mungkin dan gak bisa. Oleh karena itu tugasnya kita sebagai teman-teman yang terpilih menjadi pengurus di Wanita Tani Indonesia HKTI, kita memfasilitasi mereka membentuk kelompok-kelompok sesuai dengan produk-produknya, basis-basis daerah tertentu, produknya unggulannya apa,” beber Sharmila.

Ia menambahkan, dalam menyelesaikan masalah pertanian atau pangan tidak mungkin bisa didominasi satu sektoral kementerian saja, tetapi semuanya terintegrasi.


TKA Ilegal Masuk Indonesia, Menaker: Itu Pelanggaran Kasus, Jangan Dikaitkan dengan Perpres TKA

“Jadi, nomor satu kita akan buat kelompok berbasis potensi masing-masing produk. Dan ujungnya kita akan perkuat di koperasi, karena legalitasnya kan mereka bukan PT. Jadi Insya Allah ke depan karena saya juga mengurus bidang ekonomi dan koperasi, suka gak suka, mau gak mau, memang koperasi adalah cara untuk kita melegalkan mereka,” tuntas Sharmila.

Sebagai informasi, Kelompok Wanita Tani (KWT)-Wanita Tani Indonesia HKTI merupakan salah satu kelembagaan petani yang memberdayakan peran wanita dalam hal program pembangunan pertanian. Kegiatan yang dilakukan dapat berupa budidaya pertanian dan pengolahan hasil.

Organisasi pimpinan Onny Jafar Hafsah ini merupakan bagian intergral dari HKTI, yaitu Badan Khusus (Bansus) yang mempunyai otonomi dalam merancang dan melaksanakan program organisasi yang terkait dengan sektor pertanian.

Fadli Zon Inisiasi Pembentukan Pansus TKA, Begini Reaksi Menteri Hanif

Halaman: 
Penulis : Riana